STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI ISLAM DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS

Muftia, Dian (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI ISLAM DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUFTIA DIAN ARIYANI_STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI ISLAM DI MI WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki oleh manusia dari sejak lahir dan terus menerus dapat dikembangkan hingga dewasa. Salah satu kecerdasan yang dimiliki seseorang adalah kecerdasan visual spasial. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial ini, salah satunya yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan kecerdasan visual spasial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi Islam di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Banyumas Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu strategi pengembangan kecerdasan visual spasial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi Islam, sedangkan yang menjadi subjeknya adalah kepala madrasah, pelatih, dan peserta ekstrakurikuler kaligrafi Islam. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu ada tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kecerdasan visual spasial siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi Islam di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Banyumas dapat dikembangkan melalui 4 kemampuan antara lain sebagai berikut: pertama, kemampuan membuat garis, pola dan bentuk dapat dikembangkan melalui dua cara, yaitu peserta mengikuti objek yang telah ditentukan oleh pelatih atau menebalkan dan menghubungkan titik-titik. Kedua, kemampuan mencoret dapat dikembangkan sesuai dengan objek yang telah ditentukan oleh pelatih ataupun sesuai dengan keinginan peserta. Ketiga, kemampuan menggambar dikembangkan ketika peserta dibebaskan untuk membuat hiasan di samping kaligrafi. Kemudian kemampuan mewarnai pada peserta dikembangkan melalui kreasi masing-masing peserta ataupun ketentuan dari pelatih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan visual spasial siswa, ekstrakurikuler kaligrafi Islam.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Muftia Dian Ariyani
Date Deposited: 23 Oct 2020 17:34
Last Modified: 23 Oct 2020 17:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item