STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA HOME INDUSTRY IWAN BUBUT DI BADAMITA RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Samsul, Fuat (2020) STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA HOME INDUSTRY IWAN BUBUT DI BADAMITA RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMSUL FUAT_STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA HOME INDUSTRY IWAN BUBUT DI BADAMITA RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecakapan untuk membangun bisnis yang kreatif dan inovatif sangatlah diperlukan dalam menghadapi era digital. Setiap perusahaan terus berusaha dan mencari jalan keluar dalam merangsang pertumbuhan ekonomi dengan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan melalui berbagai strategi pemasaran yang digunakan. Strategi marketing mix merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mengendalikan dan mengelola perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar sekaligus menumbuhkan orientasi pada hasil yang produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada home industry Iwan Bubut di Badamita, Rakit, Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan secara kualitatif menggunakan metode deskriptif. Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis pada pembahasan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diinterpretasikan sebagai berikut: adapun hasil penerapan strategi marketing mix pada aspek produk secara keseluruhan sudah sangat baik dengan pemilihan bahan baku yang telah disesuaikan dengan jenis produk dan melewati proses produksi dengan semaksimal mungkin untuk menghasilkan produk yang baik dan berkualitas. Penentuan aspek harga dengan tujuan market skimming, sedangkan prosedur penetapan harga berdasarkan orientasi biaya dengan sasaran target pricing. Distribusi dilakukan secara langsung oleh pemilik jika akses lokasi konsumen dekat dan terjangkau, sedangkan untuk penyaluran ke lokasi jarak jauh menggunakan jasa pengiriman Tiki, sementara untuk distribusi fisik belum memiliki toko atau kios. Strategi promosi yang digunakan adalah media sosial whatsapp dan facebook, personal selling, dan pameran (expo). Sedangkan penerapan strategi marketing mix pada aspek produk, harga, dan distribusi telah sesuai dengan perspektif ekonomi syari’ah. Sementara aspek promosi secara online perlu memperhatikan aspek transparansi harga dan kelengkapan informasi penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdr Samsul Fuat
Date Deposited: 23 Oct 2020 02:05
Last Modified: 23 Oct 2020 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item