METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ASING (LPBA)AL-HIKMAH PURWOKERTO

Yulia, Dwi Prihatiningtyas (2020) METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA ASING (LPBA)AL-HIKMAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yulia Dwi Prihatiningtyas_Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Asing Di Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) Al-Hikmah Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu metode dalam proses pembelajaran merupakan faktor yang penting. Oleh karena itu, seorang guru harus benar-benar dapat memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat dan cocok diterapkan dalam proses belajar-mengajar khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill. Lokasi yang diteliti adalah Lembaga Pendidikan Bahasa Asing (LPBA) Al-Hikmah Jl. Tipar Baru I/23 Kranji Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah. Lokasi kursusan bahasa tersebut tidak jauh dari jalan utama, terbilang berada dipusat kota. Dengan subjek penelitian meliputi, guru kursusan bahasa dan pelajar kursusan bahasa di LPBA Al-Hikmah. Hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab di LPBA Al-Hikmah Purwokerto sudah tepat. Didalam proses pembelajarannya Guru melalui langkah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab ini sangat efektif, dengan caranya untuk mengulang-ulang materi sangat membantu bagi pelajar yang mengikuti pembelajaran dengan latar belakang yang berbeda-beda. Selain itu, membuat pelajar aktif dalam pembelajaran, pelajar dapat bertanggung jawab dan dapat berinteraksi dengan baik dalam pembelajaran. Dibalik itu juga terdapat kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan pengajaran dengan menggunakan metode drill. Kelebihan-kelebihan tersebut, antara lain: Memudahkan pelajar dalam memahami materi bahasa Arab, memudahkan pelajar mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada saat diberikan latihan. Adapun kelemahan-kelemahan yang biasa terjadi,yaitu: Guru mengalami kesulitan dalam membagi waktu pembelajaran, pelajar merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Yulia Dwi Prihatiningtyas
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:07
Last Modified: 22 Oct 2020 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item View Item