IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN BAGI AMAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD QARYAH THAYYIBAH KECAMATAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

RETNO, WAHYUNINGSIH (2020) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN BAGI AMAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD QARYAH THAYYIBAH KECAMATAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RETNO WAHYUNINGSIH_IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD QARYAH THAYYIBAH KECAMATAN PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar harus dimiliki oleh setiap umat Islam agar tidak merusak arti dan makna yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya kemampuan membaca Al-Qur’an, kemampuan menulis Al-Qur’an juga sangat penting, karena ilmu jika tidak ditulis maka akan hilang. SD Qaryah Thayyibah Purwokerto menerapkan program tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus yang sudah dimulai sejak tahun 2014. Pembelajaran tilawati dilaksanakan setiap hari senin,rabu, kamis, dan jum’at pukul 07.45-08.15 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahuai problematika metode tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto agar dapat dicari solusi sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar penelitian di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Pendekatan individual menggunakan alat peraga yaitu ustadz membaca alat peraga yang ada didepan, kemudian siswa menirukan secara bersama-sama. Sedangkan pendekatan baca simak yaitu siswa duduk membentuk huruf “U” setelah itu siswa langsung membaca sesuai urutan tempat duduknya, jika ada bacaan yang salah maka langsung dibenarkan oleh ustadz. Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran yaitu dari siswa, guru, orang tua, metode, media, saran dan prasaran yang digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Baca Tulis Al-Qur’an, Tilawati
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.01 Filsafat, Teori, Metodologi Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Retno Wahyuningsih
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:01
Last Modified: 22 Oct 2020 03:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item