MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN MAN 2 CILACAP

Siti, Nurhayati (2020) MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN MAN 2 CILACAP. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI NURHAYATI_MANAJEMEN PROGRAM KELAS UNGGULAN MAN 2 CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kelas unggulan merupakan kelas yang berisi peserta didik pilihan yang diseleksi berdasarkan syarat yang ketat, yaitu potensi akademik, IQ dan kreatitifitas peserta didik yang sangat memadai. Dalam hal ini Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cilacap telah menyelenggarakan program kelas unggulan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis manajemen program kelas unggulan di MAN 2 Cilacap; dan (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik program kelas unggulan di MAN 2 Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cilacap. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sehingga kehadiran peneliti pada penelitian kualitatif merupakan suatu keharusan. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari 3 (tiga) bagian, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun tahapan penelitian ini adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap memiliki karakteristik: (a) seleksi peserta didik yang ketat, (b) sarana dan prasarana pendukung yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Kelas Reguler, (c) lingkungan madrasah yang kondusif, (d) memiliki guru yang unggul, (e) kurikulum yang diperkaya, (f) rentang waktu di madrasah yang lebih panjang, (g) kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berkualitas, baik dari sumber/bahan pembelajaran, model, metode dan strategi strategi, maupun media dan sumber pembelajaran, (h) Perlakuan tambahan di luar kurikulum dan pembinaan kemampuan kepemimpinan; dan (2) Manajemen Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap adalah: (a) fungsi perencanaan. Perencanaan Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap disusun dengan melibatkan Tim Pengembang Kurikulum (TPK). Personel yang terlibat dalam Tim Pengembang Kurikulum (TPK) adalah kepala madrasah, para wakil kepala madrasah, ketua komite, guru, orangtua peserta didik, dan elemen lain yang berkepentingan, (b) fungsi pengorganisasian. Pengorganisasian Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap merupakan pembagian personil sesuai dengan kemampuan dan tugas, pokok, dan fungsinya, (c) fungsi pelaksanaan. Pelaksanaan Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap belum berjalan secara optimal sebagaimana yang direncanakan sesuai dengan profil Kelas Prestasi. Untuk itu, diperlukan supervisi yang jelas dan rinci oleh Kepala Madrasah terhadap kinerja tenaga pendidik Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap, (d) Fungsi monitoring dan evaluasi. Monitoring dan evaluasi Program Kelas Prestasi MAN 2 Cilacap melibatkan guru, para wakil kepala madrasah, komite madrasah, dan kepala madrasah sebagai pengendali evaluasi. Kata Kunci: Manajemen, Program, Kelas Unggulan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program, Kelas Unggulan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siti Nurhayati
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:18
Last Modified: 21 Oct 2020 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item