PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Rahmawati, Rahmawati (2020) PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RAHMAWATI_1617406118.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_BAB 1_BAB 5_DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang unik. Anak usia dini memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan (koordinasi motorik halus dan kasar), daya pikir, daya cipta, bahasa dan komunikasi, yang tercakup dalam kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Proses pembelajaran pada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak melalui pengalaman nyata yang memungkinkan anak untuk menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu secara optimal. Salah satu tokoh sentral dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah Ki Hadjar Dewantara pendiri Taman Siswa. Banyak di antara pemikirannya yang ternyata mempunyai daya tarik luar biasa, tak terkecuali dengan pemikirannya tentang konsep pendidikan anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana pandangan Ki Hadjar Dewantara tentang konsep pendidikan anak usia dini?” Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu buku Ki Hadjar Dewantara yang berjudul Menuju Manusia Merdeka dan Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku pustaka, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan metode berpikir deduktif dan komparatif. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Ki Hadjar Dewantara memandang permainan adalah pendidikan anak usia dini. Permainan tradisional anak-anak yang ada di Indonesia merupakan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang utama. Konsep pendidikan anak usia dini yang khas dari Ki Hadjar Dewantara adalah pendidikan yang menggunakan sistem among. Sistem Among Ki Hadjar Dewantara merupakan metode yang sesuai untuk pendidikan karena merupakan metode pengajaran dan pendidikan yang berdasarkan pada asih, asah, dan asuh. Pendidikan Sistem Among bersendikan pada dua hal yaitu: kodrat alam sebagai syarat untuk menghidupkan dan mencapai kemajuan dengan secepat-cepatnya dan kemerdekaan sebagai syarat untuk menghidupkan dan menggerakkan kekuatan lahir dan batin anak hingga dapat hidup mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Ki Hadjar Dewantara
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rahmawati Rahmawati
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:35
Last Modified: 22 Oct 2020 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8313

Actions (login required)

View Item View Item