PERSEPSI NASABAH BANK SYARIAH TERHADAP ADOPSI LAYANAN MOBILE BANKING DALAM KERANGKA DIFUSI INOVASI (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH DI PURWOKERTO)

Neli, Kurniasih (2020) PERSEPSI NASABAH BANK SYARIAH TERHADAP ADOPSI LAYANAN MOBILE BANKING DALAM KERANGKA DIFUSI INOVASI (STUDI PADA NASABAH BANK SYARIAH DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Neli Kurniasih_Persepsi Nasabah Bank Syariah Terhadap Adopsi Layanan Mobile Banking Dalam Kerangka Difusi Inovasi (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Cover_BAB 1_BAB V_Daftar Pustaka.docx

Download (1MB)

Abstract

Mobile banking atau disebut juga dengan m-banking adalah layanan perbankan yang memanfaatkan layanan aplikasi smartphone guna melakukan transaksi perbankan tanpa terikat waktu dan tempat. Sebagai hasil inovasi antara sms banking dan internet banking, mobile banking menjadi alternatif pilihan masyarakat milenial yang memiliki gaya hidup serba mobile. Semakin majunya sistem keuangan dan perbankan, semakin meningkatnya kesejahteraan dan kebutuhan masyarakat. Sehingga persaingan antar bank semakin ketat dan bank berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan jasa yang sangat baik kepada nasabah, khususnya bank syariah sebagai pendatang baru dalam dunia perbankan. Penyebaran dan adopsi mobile banking bank syariah dalam penelitian ini menggunakan kerangka teori Difusi Inovasi yang dikembangkan oleh Roger pada tahun 1983. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan membagikan kuesioner secara online melalui google form. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank syariah di Purwokerto khususnya pengguna mobile banking dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus solvin dengan teknik cluster sampling yaitu memilih 4 kecamatan di Kabupaten Banyumas yang termasuk dalam wilayah kota Purwokerto yaitu kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Utara, Purwokerto Timur, dan Purwokerto Selatan. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi rank spearman, dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu IBM SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis korelasi rank spearman menunjukan bahwa secara parsial variabel keuntungan relatif, kesesuaian, mudah untuk dicoba, dan mudah diamati berpengaruh positif terhadap adopsi mobile banking bank syariah. Sedangkan variabel kerumitan berpengaruh negatif terhadap adopsi mobile banking bank syariah. Secara simultan berdasarkan hasil analisis regresi ordinal pada tabel Model Fitting Information menunjukkan bahwa keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, mudah untuk dicoba, dan mudah diamati secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap adopsi mobile banking bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Mobile Banking, Difusi Inovasi.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Neli Kurniasih
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:57
Last Modified: 21 Oct 2020 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8311

Actions (login required)

View Item View Item