IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PIRING LIDI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRY RUMAH LIDI DESA KARANG TENGAH, KECAMATAN CILONGOK, KABUPATEN BANYUMAS)

Yunisa, Putri Pratiwi (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PIRING LIDI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA HOME INDUSTRY RUMAH LIDI DESA KARANG TENGAH, KECAMATAN CILONGOK, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yunisa Putri Pratiwi_Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Piring Lidi Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Home Industry Rumah Lidi Desa Karang Tengah, Kec. Cilongok, Kab. Banyumas).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan bisnis saat ini cukup tinggi, di mana dapat dilihat dari tumbuhnya perusahaan-perusahaan dengan produk yang sejenis sebagai pesaing, sehingga akan terjadi persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar dan konsumen. Namun bisa menjadi kesempatan yang menarik bagi perusahaan jika dalam memproduksi dan mempromosikan produknya dengan menggunakan strategi yang tepat. Home industry Rumah Lidi sudah berdiri sejak tahun 2016, mereka menggunakan strategi marketing mix atau bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, place and promotion sebagai alat pemasarannya. Perhatian produsen dalam menggunakan strategi yang tepat akan membawa pengaruh terhadap volume penjualan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.Yang menjadi fokus penelitian ini adalah implementasi strategi bauran pemasaran pada home industry Rumah Lidi dalam meningkatkan volume penjualan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Unsur-unsur bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi yang diterapkan oleh home industry Rumah Lidi sudah sesuai dengan konsep ekonomi Islam. Strategi bauran pemasaran yang diterapkan home industry Rumah Lidi mempunyai dampak terhadap volume penjualan produknya. Dapat diketahui bahwa volume penjualan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh home industry Rumah Lidi memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Perspektif Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunisa Putri Pratiwi sdr
Date Deposited: 17 Oct 2020 07:31
Last Modified: 17 Oct 2020 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8218

Actions (login required)

View Item View Item