PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Diyanah, Filaeli (2020) PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DIYANAH FILAELI_PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN PADA SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Melihat banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja saat ini, adanya pendidikan sangat diperlukan khususnya pendidikan Islam. Pendidikan Islam merupakan sarana untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian muslim siswa. Sesuai dengan tujuan akhir dari pendidikan Islam yaitu terbentuknya siswa yang berkepribadian muslim. Melalui proses belajar yang dilakukan di dalam pendidikan, kepribadian siswa dapat dikembangkan menjadi lebih baik karena kepribadian seseorang bukanlah semata-mata faktor bawaan dari lahir. Namun, kurikulum saat ini menjadikan mata pelajaran pendidikan agama Islam mendapat porsi yang terbatas dan lebih memperhatikan aspek kognitif dibandingkan dengan aspek lainnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan kegiatan yang dapat mendukung pengembangan kepribadian muslim pada siswa seperti dengan mengadakan kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kepribadian muslim melalui kegiatan keagamaan pada siswa di SMK Muhammadiyah Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah SMK Muhammadiyah Bobotsari, dengan subjek penelitian yaitu waka ismuba, kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, siswa penanggungjawab ekstrakurikuler tahfiz, dan siswa SMK Muhammadiyah Bobotsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh adalah dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kepribadian muslim melalui kegiatan keagamaan pada siswa di SMK Muhammadiyah Bobotsari Kabupaten Purbalingga dilaksanakan secara rutin baik harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan yang secara umum sudah mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Terdapat 16 macam kegiatan keagamaan yang mendukung pengembangan kepribadian muslim siswa di SMK Muhammadiyah Bobotsari. Kepribadian muslim siswa yang dikembangkan yaitu kepribadian yang mencerminkan kepribadian syahadatain, kepribadian mushalli, kepribadian muzakki, kepribadian shaim, dan kepribadian hajji. Adapun metode yang digunakan dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat, metode ceramah, metode praktik & latihan, metode pendidikan melalui hadiah dan hukuman. Kata Kunci: Kepribadian Muslim, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Muslim, Kegiatan Keagamaan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Diyanah Filaeli
Date Deposited: 16 Oct 2020 05:12
Last Modified: 16 Oct 2020 05:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8207

Actions (login required)

View Item View Item