IMPLEMENTASI STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU I GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Umi, Maslahatul Fiqriyah (2020) IMPLEMENTASI STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA’ARIF NU I GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
UMI MASLAHATUL FIQRIYAH_IMPLEMENTASI STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI MA'ARIF NU I GUNUNGLURAH KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFAR PUSTAK.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah merupakan tanggung jawab seorang pendidik karena pendidik dituntut memiliki kemampuan memilih strategi pembelajaran sebagai sarana dan usaha dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan program pembelajaran. MI Ma’arif NU I Gununglurah merupakan salah satu sekolah yang menerapkan strategi card sort pada pembelajaran tematik kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan startegi card sort yang terjadi di MI Ma’arif NU I Gununglurah serta menganalisis penerapan strategi card sort dan dampak yang terjadi setelah pelaksanaan strategi pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dan dengan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi strategi card sort pada pembelajaran tematik kelas IV di MI Ma’arif NU I Gununglurah untuk membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori. Pembelajaran dengan menerapkan strategi card sort pada pembelajaran tematik kelas IV dapat membuat siswa lebih antusias dalam belajar, lebih aktif, mampu mengembangkan keterampilan social mereka dengan berinteraksi dengan siswa yang lain, melatih kemampuan berfikir dan mengungkapkan ide dan gagasan di depan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort dan Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Umi Maslahatul Fiqriyah
Date Deposited: 13 Oct 2020 01:43
Last Modified: 13 Oct 2020 01:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item