KONSEP BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH UMUM

Leni, Levana (2020) KONSEP BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH UMUM. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Leni Levana_Konsep Budaya Religius di Sekolah Umum.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Budaya sekolah sangat efektif dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Peserta didik sebagai penerus bangsa perlu dididik untuk memiliki karakter yang baik. Salah satu karakter yang terdapat dalam pendidikan karakter adalah karakter religius. Karakter religius dapat diinternalisasikan melalui budaya religius di sekolah. Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum yang alokasi waktu dalam pembelajaran dikelas hanya sedikit perlu dikembangkan agar tujuan-tujuan PAI dapat tercapai. Salah satu bentuk pengembangan PAI adalah melalui perwujudan budaya religius. Permasalahan yang dijawab melalui penelitian ini yang telah diuraikan didalam skripsi adalah bagaimana konsep budaya religius di sekolah umum. Budaya religius di sekolah umum tentu memiliki perbedaan dengan penerapan budaya sekolah berlatar belakang agama. Sekolah umum yang memiliki warga sekolah dengan latar belakang yang berbeda-beda perlu ada konsep budaya religius yang bisa diterima dengan baik oleh seluruh warga sekolah agar dapat diwujudkan dengan dukungan semua pihak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian kali ini adalah dokumentasi. Peneliti mengumpulkan berbagai macam dokumen melalui literasi buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya yang berbentuk pustaka yang berkaitan dengan objek penelitian. Data primer dalam penelitian ini berupa beberapa jurnal mengenai budaya sekolah dan budaya religius serta buku-buku mengenai budaya religius. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah analisis isi (content analysis) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan budaya religius yang ada di sekolah umum. Budaya religius yang ada di sekolah umum dan sekolah keagamaan memiliki perbedaan terutama pada latar belakang peserta didik. Budaya religius di sekolah umum merupaka bentuk pengembangan PAI mengingat alokasi waktu PAI di sekolah umum hanya sedikit. Unsur-unsur budaya religius di sekolah umum menjadi dasar agar budaya religius di sekolah umum dapat dilaksanakan. Budaya religius pada masing-masing sekolah memiliki perbedaan dikarenakan setiap sekolah memiliki karakteristik yang berbeda. Pelaksanaan budaya religius di sekolah umum yang baik adalah budaya religius yang tidak menjadikan peserta didik bersikap eksklusif terhadap agamanya dan memiliki sikap pluralisme dan toleran. Langkah-langkah mewujudkan budaya religius disekolah umum dapat dilakukan dengan penuh perencanaan agar efektif dan efisien. Seiring berjalannya waktu budaya religius perlu direvisi dengan cara melakukan evaluasi dan perbaikan. Salah satu indikator bahwa budaya religius di sekolah umum sudah berjalan dengan baik adalah adanya keharmonisan antar warga sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: budaya sekolah, budaya religius, sekolah umum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Leni Levana
Date Deposited: 13 Oct 2020 01:47
Last Modified: 13 Oct 2020 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8160

Actions (login required)

View Item View Item