UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SD N 1 PEKIRINGAN KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Trika Wulandari, 082331157 (2012) UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SD N 1 PEKIRINGAN KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Daftar Pustaka.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
TRIKA WULANDARI_UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SDN 1 PEKIRINGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)

Abstract

Kepribadian merupakan ciri atau karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan. Pembentukan kepribadian harus dilakukan sejak anak usia dini, karena masa ini adalah masa keemasan atau golden age dimana anak tumbuh dan berkembang pesat, baik fisik maupun motoriknya, perkembangan moral, sosial, emosional, intelektual dan bahasa, sehingga perlu dibentuk kepribadian yang baik agar peserta didik memiliki akhlakul karimah. Di sekolah, pembentukan kepribadian merupakan tanggung jawab guru dan seluruh elemen sekolah termasuk kepala sekolah harus berupaya aktif untuk membentuk kepribadian, kepada peserta didiknya. Namun, bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam membentuk kepribadian peserta didik agar peserta didik memiliki kepribadian yang baik?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut sekiranya perlu melihat contoh guru yang melakukan upaya-upaya dalam pembentukan kepribadian kepada peserta didiknya dengan baik dan efektif. Salah satu sekolah yang guru-gurunya melakukan upaya pembentukan kepribadian kepada peserta didiknya dengan baik dan efektif adalah guru SD N 1 Pekiringan Karangmoncol Purbalingga. Di SD N 1 Pekiringan, secara umum peserta didiknya berakhlakul karimah dan senantiasa sopan santun kepada guru, teman, orang tua dan masyarakat sekitar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk memilih SD N 1 Pekiringan sebagai lokasi penelitian tentang upaya Guru dalam pembentukan kepribadian kepada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam pembentukan kepribadian kepada peserta didik di SD N 1 Pekiringan tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi untuk mengamati proses pembentukan kepribadian pada peserta didik di SD N 1 Pekiringan tahun pelajaran 2011/2012. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum SD N 1 Pekiringan yang meliputi jumlah peserta didik dan guru, struktur organisasi, sarana dan prasarana serta data prestasi siswa yang digunakan dengan melihat profil SD N 1 Pekiringan. Metode wawancara dilakukan dengan guru, kepala sekolah, dan peserta didik untuk mencari data tentang upaya guru dalam pembentukan kepribadian kepada peserta didik di SD N 1 Pekiringan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik dan kepala sekolah SD N 1 Pekiringan. Sedangkan objek penelitiannya adalah upaya Guru dalam pembentukan kepribadian kepada peserta didik di SD N 1 Pekiringan Karangmoncol Purbalingga tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan terhadap upaya guru dalam pembentukan kepribadian kepada peserta didik di SD N 1 Pekiringan Karangmoncol Purbalingga dapat peneliti simpulkan bahwa upaya yang dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler, kegiatan ekstrakulikuler dan di luar kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Keyword: “Upaya Guru dalam Pembentukan Kepribadian Siswa”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:25
Last Modified: 18 Aug 2016 03:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item