KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA MODEL PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BANJARNEGARA

Indah, Nurhidayati (2020) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA MODEL PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INDAH NURHIDAYATI_KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA MODEL PEMBELAJARAN SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BANJARNEGARA.pdf

Download (729kB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, dimana seorang guru merupakan fasilitator yang terpenting dalam sebuah pembelajaran. Tanpa adanya seorang guru tidak mudah bagi seorang siswa dalam memahami materi pembelajaran. Tugas seorang guru adalah bagaimana mengelola pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa dapat mencerna pembelajaran dengan baik khususnya bagi mereka anak yang berkebutuhan khusus. Karena itu, guru penting untuk melaksanakan kreativitas dalam mengelola model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kreativitas guru dapat terlaksana dari seorang guru yang kreatif, di mana seorang guru yang kreatif diantara lain mampu menciptakan suasana pembelajaran sebaik mungkin dengan adanya model pembelajaran dan disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Banjarnegara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SLB Negeri Banjarnegara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa tunagrahita. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yaitu menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI kelas tunagrahita di SLB Negeri Banjarnegara sudah berkreativitas dengan memanfaatkan model pembelajaran serta menyesuaikan karakteristik siswa tunagrahita diantaranya dengan memberikan stimulus sebelum pembelajaran dimulai. Model pembelajaran yang digunakan di SLB Negeri Banjarnegara dalam pembelajaran diantaranya yaitu CTL (Contexstial Learning and teaching) dengan metode ceramah, Pembelajaran Langsung (Direct Learning merupakan model pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode ceramah atau ekspositori dengan latian refleksi, latihan mandiri dan evaluasi. Model pembelajaran SAVI merupakan pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indra yang dimiliki peserta didik. Istilah SAVI adalah kependekan dari so- matic yang bermakna gerakan tubuh (hans-on aktivitas fisik) dimana belajar dengan mengalami dan melakukan Picture and Picture, yaitu model pembelajaran dengan menyajikan gambar yang berkaitan dengan materi, kemudian peserta didik mengurutkan gambar tersebut sehingga sistematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Model Pembelajaran, Siswa Tunagrahita, SLB Negeri Banjarnegara.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Nurhidayati sdr
Date Deposited: 29 Sep 2020 09:04
Last Modified: 29 Sep 2020 09:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8111

Actions (login required)

View Item View Item