PENGARUH GAYA HIDUP, RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN PURWOKERTO TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH

Rifqo Yatul, Ulya (2020) PENGARUH GAYA HIDUP, RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN PURWOKERTO TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RIFQO YATUL ULYA_PENGARUH GAYA HIDUP, RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH IAIN PURWOKERTO TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat khususnya pada perkembangan bank syariah. Namun dalam perkembangannya mengalami kesulitan yaitu dalam mencari nasabah, karena tidak semua mengetahui arti bank syariah dan ada faktor yang mempengaruhinya yang mengakibatkan jumlah nasabah lebih kecil dibanding bank konvensional. Maka perlu adanya literasi keuangan yang harus ditingkatkan pada masyarakat dan memahami perilaku konsumen. Faktor yang mempengaruhi yaitu kebudayaan, kelas sosial, keluarga, status, usia, pekerjaan, dan gaya hidup. Omer berpendapat, perilaku ekonomi sangat dipengaruhi oleh tingkat keimanan seseorang. Perilaku ini akan membentuk perilaku konsumsi dan produksi di pasar. Religiusitas menjadi faktor pembentuk perilaku konsumen. Karenanya, dibutuhkan peran aktif dari generasi penerus bangsa dalam mensosialisasikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya hidup, religiusitas dan literasi keuangan syariah terhadap minat memilih produk bank syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto angkatan tahun 2016-2018, sampel yang diambil sebanyak 82 responden. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan metode kuesioner. Data diolah dengan uji validitas, reliabilitas, statistik dan asumsi klasik. Untuk mengetahui pengaruh dari gaya hidup, religiusitas dan literasi keuangan syariah terhadap minat memilih produk bank syariah digunakan analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji koefisien determinasi dengan bantuan alat uji IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel gaya hidup (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. 2) Variabel religiusitas (X2) secara parsial berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. 3) Variabel literasi keuangan syariah (X3) secara parsial berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah. 4) Variabel gaya hidup, religiusitas dan literasi keuangan syariah mahasiswa IAIN Purwokerto secara simultan berpengaruh terhadap minat memilih produk bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Gaya Hidup, Religiusitas, Literasi Keuangan Syariah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Rifqo Yatul Ulya
Date Deposited: 23 Sep 2020 08:39
Last Modified: 23 Sep 2020 08:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item