DAKWAH DIGITAL: STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL AKUN INSTAGRAM @EDHNX

Rifan, Tri Yulianto (2020) DAKWAH DIGITAL: STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL AKUN INSTAGRAM @EDHNX. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rifan Tri Yulianto_Dakwah Digital; Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @Edhnx.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membawa perubahan yang sangat signifikan. Perubahan terhadap kebiasaan atau adat istiadat seperti dakwah pada masyarakat dilakukan melalui ranah virtual. Instagram merupakan salah satu medium yang memiliki peran penting terhadap perkembangan dakwah. Dakwah di instagram sering disebut sebagai dakwah digital yang merupakan pergeseran dari dakwah yang dilakukan di dunia nyata. Akun instagram @edhnx merupakan salah satu akun yang menyebarkan dakwah melalui media sosial. Interaksi sosial yang terjadi pada akun ini dilakukan oleh para pengikut akun @edhnx yang merupakan anngota dari komunitas virtual. Mereka berinteraksi pada ruang lingkup yang sama, yaitu instagram @edhnx melalui kontennya sehingga akan muncul budaya-budaya dalam ranah virtual. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti tentang dakwah digital yang dilakukan oleh akun @edhnx di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi itu terjadi pada akun instagram @edhnx, serta untuk mengetahui bagaimana unsur-unsur komunikasi visual yang terdapat pada konten-konten di akun @edhnx. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada level ruang media, akun instagram @edhnx merupakan akun berisikan konten dakwah. Pada level dokumen media memiliki konten berbentuk tulisan, gambar, atau video. Konten berupa gambar atau video memenuhi unsur-unsur komunikasi visual yaitu: garis, bentuk, tekstur, gelap terang, ukuran, warna, tipografi, keseimbangan dan kesatuan. Pada objek media, interaksi dan aktivitas para pengikut ialah memberikan like dan komentar pada postingan akun @edhnx. Level pengalaman media, para pengikut memiliki alasan mengikuti akun @edhnx yaitu untuk mendapatkan ilmu agama dan untuk saling berinteraksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Dakwah, Etnografi Virtual, Instagram, Komunikasi Visual
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdr Rifan Tri Yulianto
Date Deposited: 17 Sep 2020 12:48
Last Modified: 17 Sep 2020 12:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/8062

Actions (login required)

View Item View Item