DINI RAMDANI, NIM. 1223305024 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DI MI MA’ARIF NU TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
DINI RAMDANUI_PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR pUSTAKA.pdf Download (394kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam pembelajaran mengarang yang biasa ditemukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah menulis karangan, namun kenyataannya penulisan yang dilakukan oleh siswa masih mengalami kesulitan terutama dalam menyusun ide, penggunaan ejaan, penggunaan huruf kapital, pemilihan kata yang tepat, kesesuaian antara apa yang dilihat dengan yang ditulis dan penulisan tanda titik untuk menutup kalimat. Dengan demikian, dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia diperlukan adanya media pembelajaran, salah satunya menggunakan media gambar seri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Karangan di MI Ma‟arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan menulis karangan. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma‟arif NU Teluk Purwokerto. Dengan subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa kelas IV, Kepala Madrasah. Dari hasil penelitian tentang Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Karangan di MI Ma‟arif NU Teluk Purwokerto diperoleh hasil bahwa guru kelas IV di MI Ma‟arif NU Teluk Purwokerto telah menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan efktif, meliputi: bagaimana penggunaan media gambar seri, fungsi media gambar seri, dan langkah-langkah penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan menulis karangan di MI Ma‟arif NU Teluk Purwokerto. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri telah berhasil dan dapat meningkatkan minat peserta didik dalam menulis karangan sehingga peserta didik tidak merasa cepat bosan dan bingung dalam menentukan ide dan tema. Kata Kunci: Media Gambar Seri, Keterampilan Menulis Karangan, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 07:33 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
View Item |