PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PRODUK GULA SEMUT BERBASIS AGRIBISNIS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KOPERASI NIRA PERWIRA CANDINATA, KUTASARI, PURBALINGGA)

FITRI ASTRIYANI, NIM. 1223203014 (2016) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) PRODUK GULA SEMUT BERBASIS AGRIBISNIS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS KOPERASI NIRA PERWIRA CANDINATA, KUTASARI, PURBALINGGA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FITRI ASRTIYANI_PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN MARKETING MIX PRODUK GULA SEMUT BERBASIS AGR.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (847kB) | Preview

Abstract

Koperasi Nira Perwira merupakan salah satu perusahaan di sektor agribisnis yang bergerak di bidang pertanian, mulai dari penentuan bahan baku yang berkualitas, pengolahan, proses standarisasi/ sistem ICS (Internal Control System), sampai pada pengemasan, dan pemasarannya. Perusahaan ini terletak di Candinata, Kutasari, Purbalingga, yang berdiri pada tahun 2013. Koperasi Nira Perwira merupakan perusahaan agribisnis yang maju. Hal ini dibuktikan dengan pemasarannya yang sudah mencapai daerah lokal maupun luar negeri. Strategi bauaran pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan suatu pemasaran suatu perusahaan. Tanpa adanya strategi bauran pemasaran yang baik maka akan sulit bagi suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran produk gula semut berbasis agribisnis perspektif ekonomi Islam? Dengan cara meneliti penerapan unsur-unsur bauran pemasaran produk gula semut berbasis agribisnis perspektif ekonomi Islam, yaitu: aspek produk, harga, distribusi, promosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan, yakni dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisisnya, penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis ekonomi Islam, Koperasi Nira Perwira telah menerapkan strategi bauran pemasaran sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Hal ini dibuktikan dengan menghasilkan produk dengan memperhatikan kualitas barang yang akan ditawarkan hal ini sesuai dengan QS. Al-Baqarah: 267, dalam menentukan harga pokok koperasi juga melihat harga dipasaran hal ini sesuai dengan Q.S Al-Baqarah: 188, aspek distribusi koperasi dengan menentukan lokasi yang strategis untuk menawarkan produknya hal ini sesuai dengan Q.S An-Nahl: 125, dalam aspek promosi koperasi menyampaikan tentang keunggulan produknya kepada konsumen hal ini selaras dengan Q.S Al- Isra: 53. Kata kunci : Strategi Bauran Pemasaran, Koperasi Nira Perwira, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Aug 2016 07:27
Last Modified: 16 Aug 2016 07:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item