PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KETRAMPILAN MENDENGARKAN TEMBANG MACAPAT DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hanif Hidayaturohmah, 1223305038 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KETRAMPILAN MENDENGARKAN TEMBANG MACAPAT DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HANIF HIDAYATUROHMAN_PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KETRAMPILAN M.Pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan, merupakan MI yang sudah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penggunaan media audio visual dalam pelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan, menyajikan data keadaan yang sebenarnya dan menganalisis dampak pembelajaran menggunakan media audio visual, terhadap prestasi belajara peserta didik kelas V pada pembelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penggunaan media audio visual untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai pembelajaran Bahasa Jawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penggunaan media audio visual. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu Bapak Sarko, M.Pd.I dan peserta didik kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dalam pelajaran Bahasa Jawa ketrampilan mendengarkan tembang macapat di MI Diponegoro 03 Karangklesem. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual menjadikan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Media audio visual juga mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu. Pembelajaran ini dilaksanakan melalui tiga kegiatan yaitu perencanaan penggunaan media audio visual, pelaksanaan penggunaan media audio visual, dan evaluasi penggunaan media audio visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Jawa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:58
Last Modified: 16 Aug 2016 05:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item