IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

MUKROMAH, 1223305077 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI WIRASABA KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Mukromah_Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pemanduan tersebut dilakukan dalam tiga hal yaitu integrasi sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan terpadu berbagai konsep dasar yang berkaitan. Pembelajaran tematik integratif memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan memberikan pembelajaran yang menyeluruh dan tidak terpisah-pisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana langkah-langkah dalam pembelajaran tematik Integratif di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Wirasaba kecamatan Bukateja kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tematik integratif di kelas IV MI Negeri Wirasaba mulai dari tahap-tahap pembelajaran tematik integratif yang meliputi : a)memilih tema, b) melakukan analisis SKL, KI, Kompetensi Dasar, dan membuat Indikator, c) melakukan pemetaan kompetensi dasar, d) membuat jaringan kompetensi dasar, e) menyusun silabus, f) menusun RPP, belum dilaksanakan secara menyeluruh, baru sebagian kecil dari tahap-tahap pembelajaran tematik integratif yang dilaksanakan. Yaitu tahap membuat silabus tematik Integratif dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Akan tetapi, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat memang sudah sesuai dengan karakteristik silabus serta RPP pembelajaran tematik integratif. Adapun dalam pelaksanaannya, pembelajaran tematik yang diterapkan memang bukan tematik integratif penuh, karena dalam pengintegrasiannya masih kurang terlihat. Akan tetapi, dalam pemilihan metode, strategi serta evaluasi yang dilakukan sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam pembelajaran tematik integratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Integratif, Pembelajaran Tematik Integratif di SD/ MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 16 Aug 2016 05:54
Last Modified: 16 Aug 2016 05:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/797

Actions (login required)

View Item View Item