PERAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN BISNIS KULINER(Studi Kasus pada Rumah Makan Pelangi Pedesaan Desa Banjaranyar Sokaraja Banyumas)

Laras Setya, Bastari (2020) PERAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN BISNIS KULINER(Studi Kasus pada Rumah Makan Pelangi Pedesaan Desa Banjaranyar Sokaraja Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LARAS SETYA BASTARI_PERAN KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENGEMBANGAN BISNIS KULINER.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah saat ini pelaku usaha terlalu tenggelam dalam kesibukan rutin bisnisnya sehingga tidak melalukan kreativitas dan inovasi pada produknya. Di sisi lain. keinginan konsumen saat ini sangat beragam dan berbeda setiap individu. Hal ini membuat bisnis khususnya bisnis kuliner gulung tikar. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kreativitas dan inovasi dalam diversifikasi produk, peran diversifikasi produk terhadap pengembangan bisnis kuliner dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas dan inovasi dalam diversifikasi produk pada Rumah Makan Pelangi Pedesaan. Rumah Makan Pelangi Pedesaan adalah bisnis kuliner yang menyediakan berbagai menu-menu tradisional yang berdiri sejak tahun 2016. Dalam menjalankan usahanya pemilik melakukan strategi diversifikasi produk yaitu penganekaragaman menu yang ditawarkan untuk menarik konsumen. Diversifikasi produk yang dilakukan pemilik harus memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi untuk mewujudkan ide-ide kreatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan model analisis kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah aksidental sampling untuk konsumen Rumah Makan Pelangi Pedesaan dan purposive untuk pemilik, karyawan Rumah Makan Pelangi Pedesaan dan Dinas UMKM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kreativitas dan inovasi sangat penting dalam strategi diversifikasi produk. Dengan adanya kreativitas dan inovasi yang dilakukan akan menghasilkan ide dan produk yang kreatif dan inovatif. Diversifikasi produk yang dilakukan oleh Rumah Makan Pelangi Pedesaan membuat keuntungan yang terus meningkat. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas dan inovasi dalam diversifikasi produk karena adanya dorongan dalam diri sendiri dan dorongan dari lingkungan. Kata Kunci : kreativitas, inovasi, diversifikasi produk, pengembangan bisnis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, inovasi, diversifikasi produk, pengembangan bisnis
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Laras Setya Bastari sdr
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:03
Last Modified: 28 Aug 2020 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7953

Actions (login required)

View Item View Item