KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKANDI SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA DAN MI DARUL ‘ULUM BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Syara, Khikmaturohmah (2020) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKANDI SD ISLAM TA’ALLUMUL HUDA DAN MI DARUL ‘ULUM BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Syara Khikamaturohmah_Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Manajemen Mutu Pendidikan Di SD Islam Ta'allumul Huda dan MI Darul 'Ulum Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Saat ini Manajemen Mutu Pendidikan mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang kemudian disempurnakan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Nasional (SNP) di mana ada beberapa standar aspek yang harus dipenuhi salah satunya yaitu SDM. Membahas tentang SDM dari lembaga pendidikan tak lepas dari kepala sekolah dan pihak-pihak sekolah lainnya, Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini di latar belakangi bahwa di SD Islam merupakan SD unggulan selama dua periode di pimpin dengan kepala sekolah yang sama, dan MI Darul ‘ulum merupakan MI yang berdiri sudah 50 tahun tetapi untuk perkembangan pendidikannya belum pesat setelah di pimpin oleh kepala sekolah yang sama dalam dua periode adanya perkembangan. Dalam menganalisis temuan di lapangan tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Manajemen Mutu Pendidikan di SD Islam Ta’allumul Huda dan MI Darul ‘Ulum Bumiayu Kabupaten Brebes, peneliti menggunakan teori G.R Terry yang kaitannya dengan manajemen pendidikan ada beberapa fungsi manajemen menurut yaitu meliputi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Deskriptif . Subjek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah SDI Islam Ta’allumul Huda Bumiayu dan MI Darul ‘Ulum Bumiayu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Dalam mengembangkan Manajemen mutu sudah baik seperti Planning yaitu program-program kerja yang inovatif dan memfasilitasi untuk siswanya. Organizing yang sesuai dengan kebijakan kepala sekolah dalam memberikan tugas yang dilakukan guru. Actuating yang selalu dilaksakan sesuai dengan waktu yang ditentukan dan Controlling yang berjalan terus baik ketika pelaksaan di lapangan maupun di hasil akhir yang adanya perkembangan prestasi yang selalu meningkat di setiap tahunnya. Keyword: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Manajemen, Mutu, Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Manajemen, Mutu, Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Syara Khikmaturohmah
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:00
Last Modified: 27 Aug 2020 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7932

Actions (login required)

View Item View Item