PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV (AL-WAASI') SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nur Amalina, Muflih (2020) PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV (AL-WAASI') SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AMALINA MUFLIH_PENERAPAN METODE EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV (AL-WAAS'I) SD AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 20192020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu metode yang bisa digunakan agar siswa tidak lagi bosan dalam belajar adalah menggunakan metode edutainment. Metode edutainment adalah proses pembelajaran yang lebih menekankan pada sisi hiburan. Edutainment dimaknai sebagai pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dan menikmati proses pembelajaran dalam suasana yang kondusif dan dengan proses pembelajaran yang rileks, menyenankan, dan bebas dari tekanan, baik fisik maupun psikis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dalam penerapan metode edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 02 Purwokerto. Manfaat dari siswa itu sendiri untuk menimbulkan rasa senang dan gembira pada anak, untuk menghilangkan kejenuhan dalam menerima pembelajaran bahasa Arab. Bagi guru menambah wawasan guru bahasa Arab di SD Al-Irsyad Al- Islamiyyah 02 Purwokerto dalam mnerapkan Edutainment ketika proses pembelajaran bahasa Arab. Bagi penulis menambah pengalaman dan pengetahuan penulis tentang penerapan metode Edutainment dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa Edutainment yang digunakan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 02 Purwokerto yaitu humanizing the classroom, active learning dan quantum teaching. Humanizing the classroom guru menggunakan cara memperlakukan siswa sesuai karakter masing-masing siswa, membuat pembelajaran menyenangkan dan guru hanya memposisikan ssiswa sebagai fasilitator. Adapuan active learning guru mengunakan cara pembelajaran yang memungkinkan siswa- siswanya untuk aktif dalam pembelajaran, membuat pembelajaran yang efektif, interaktif, menarik dan menyenangkan. Dan quantum teaching guru bahasa Arab menggunakan cara mengubah suasana belajar yang monoton dan membosankan ke dalam suasana belajar yang meriah dan menggembirakan, guru juga mengajari tentang arti kedisiplinan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Edutainment, Pembelajaran Bahasa Arab, Humanizing the classroom, Active Learning, Quantum Teaching.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Nur Amalina Muflih
Date Deposited: 25 Aug 2020 23:43
Last Modified: 25 Aug 2020 23:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7915

Actions (login required)

View Item View Item