Strategi Pengembangan Produk Simpanan Berjangka Khusus Dalam Menjaga Tingkat Likuiditas Di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto

Fitriya, Ningsih (2020) Strategi Pengembangan Produk Simpanan Berjangka Khusus Dalam Menjaga Tingkat Likuiditas Di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fitriya Ningsih_Strategi Pengembangan Produk Simka Khusus Dalam Menjaga Tingkat Likuiditas Di BMT Dana Mentari Muhammadiyah PWT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto memiliki produk simpanan berjangka khusus dimana produk tersebut merupakan salah satu strategi pengembangan produk dalam menjaga tingkat likuiditas. Strategi pengembangan produk merupakan salah satu cara perusahaan dalam mengembangkan produk yang dimilikinya dengan menarik minat pelanggan terhadap produk yang telah ada ataupun yang baru. Sedangkan likuiditas merupakan salah satu indikator pengukuran tingkat kesehatan bank. Likuiditas dapat diukur dengan menggunakan rasio modal terhadap total asset, karena modal dianggap sebagai sumber utama pembiayaan terhadap kegiatan operasionalnya dan berperan sebagai penyangga terhadap kemungkinan terjadinya kerugian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan produk simpanan berjangka khusus dalam menjaga tingkat likuiditas di BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah strategi pengembangan produk simpanan berjangka khusus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan produk yang dipakai di BMT menggunakan strategi proaktif dengan bentuk bentuk strategi. Pertama strategi penelitian dan pengembangan yaitu menggunakan sistem jemput bola dan memperluas jaringan. Kedua strategi pemasaran yaitu meningkatkan kualitas pelayanan dan media brosur. Ketiga strategi pengusaha yaitu mengeluarkan produk simpanan berjangka khusus dalam mengantisipasi kondisi dimasa yang akan datang. Dalam menjaga tingkat likuiditasnya BMT menerapkan produk simpanan berjangka khusus dengan menggunakan analisis CAR, dimana sebelum adanya simpanan berjangka khusus tahun 2013-2014 CAR di BMT sebesar 9-10% dan setelah adanya simpanan berjangka khusus tahun 2015-2019 menjadi 29% hal ini menandakan bahwa simpanan berjangka khusus berpengaruh terhadap kebutuhan modal dalam menjaga tingkat likuiditas di BMT dengan baik. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Produk, Simpanan Berjangka Khusus, Likuiditas STRATEGY FOR THE DEVELOPMENT OF SPECIAL DEPOSIT SAVED PRODUCTS IN MAINTAINING LIQUIDITY LEVELS IN BMT DANA MENTARI MUHAMMADIYAH PURWOKERTO Fitriya Ningsih NIM. 1617202098 Email: [email protected] Islamic Banking Departement, Faculty of Economics and Islamic Business Institut of Islamic State (IAIN) Purwokerto ABSTRACT BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto has a special futures deposit product where the product is one of the product development strategies in maintaining liquidity levels. Product development strategy is one way for a company to develop its products by attracting customer interest in existing or new products. While liquidity is an indicator of the level of the soundness of a bank. Liquidity can be measured using the ratio of capital to total assets because capital is considered as the main source of financing for operational activities and acts as a buffer against the possibility of losses. The purpose of this study is to find out how the strategy for developing a specific futures savings product in maintaining the level of liquidity at BMT Dana Mentari Muhammadiyah Purwokerto. The research method used in this study is qualitative with the type of field research, data collection techniques with interviews, observations, and documentation. The object of this research is the development strategy of special futures savings products. The results of this study indicate that the product development strategy used in BMT uses a proactive strategy that is the shape of the strategy. The first research and development strategy is to use a ball pick up the system and expand the network. The second marketing strategy is to improve the quality of service and brochure media. The third strategy of the entrepreneur is to issue a special futures savings product in anticipation of conditions in the future. In maintaining its liquidity level, BMT applies special time deposit products using CAR analysis, where before the existence of special time deposits in 2013-2014 CAR in BMT amounted to 9-10% and after the existence of special term deposits in 2015-2019 to 29% this indicates that Special time deposits affect capital needs in maintaining the level of liquidity in BMT properly. Keywords : Product Development Strategy, Special Time Deposits, Liquidity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Produk, Simpanan Berjangka Khusus, Likuiditas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga Kredit dan Pinjaman
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Sdri Fitriya Ningsih
Date Deposited: 24 Aug 2020 22:28
Last Modified: 24 Aug 2020 22:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item