HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 2 BOJONGSARI

ANA AULIANIE, NIM. 1223308002 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 2 BOJONGSARI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ANA AULIANIE_HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 2 BOJONGSARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media audio visual merupakan media yang menggabungkan unsur suara dan unsur gambar. Adanya media audio visual tersebut dapat menjadi penunjang dalam proses pendidikan khususnya dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, dengan guru menggunakan media audio visual, tentunya dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berpikir konkret. Hal tersebut nantinya akan berdampak juga bagi peningkatan prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi penggunaan media audio visual dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SD Negeri 2 Bojongsari. Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Jenisnya adalah penelitian kuantitatif tempat penelitian di SD Negeri 2 Bojongsari dengan sumber data adalah siswa, Guru Pendidikan Agama Islam dan kepala SD Negeri 2 Bojongsari. Dengan obyek penelitian yaitu persepsi penggunaan media audio visual dan hubungannya dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Populasinya adalah seluruh siswa SD Negeri 2 Bojongsari dengan jumlah 227 siswa. Dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diambil sampel dari kelas 3 sampai dengan 5 sesuai kriteria yang telah ditentukan sebanyak 35 siswa. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen (persepsi penggunaan media audio visual) dan variabel dependen (prestasi belajar pendidikan agama islam). Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, serta dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan koefisien korelasi product moment Karl Pearson. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa persepsi penggunaan media audio visual memiliki hubungan dengan prestasi belajar pendidikan agama islam. Terdapat hubungan antara persepsi penggunaan media audio visual dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam di SD Negeri 2 Bojongsari yaitu dengan nilai signifikansi sebesar 0,04 < 0,05. Maka “Ho Ditolak” dan “Ha Diterima” Kata kunci : Persepsi Penggunaan Media Audio Visual dan Prestasi Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:35
Last Modified: 16 Aug 2016 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item