PENERAPAN METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS VB MI MA’ARIF BEJI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Kholisatul Wardah, NIM. 102335110 (2015) PENERAPAN METODE DISKUSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA SISWA KELAS VB MI MA’ARIF BEJI TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
KHOLISATUL WARDAH_102335110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar mata pelajaran PKn di kelas VBMI Ma’arif Beji Kecamatan Kedungbanteng kabupaten Banyumas, pokok bahasan keputusan bersama yang masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan pada nilai-nilai yang masih belum mencapai KKM, nilai KKM mata pelajaran PKn adalah 72. Sedangkan ketuntasan belajar hanya mencapai 37, 5% dengan rata-rata 64,3. Ini disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi dalam proses pembelajaran PKn, sehingga pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PKn masih rendah. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subyek penelitaian ini adalah siswa kelas VBMI Ma’arif Beji dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn pokok bahasan keputusan bersama dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompokberhasil meningkatkan hasil belajar PKn siswa pokok bahasan keputusan bersama di kelas VBMI Ma’arif Beji. Dalam setiap siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: siklus I berhasil menuntaskan 17 dari 28 siswa dengan nilai rata-rata 71,1 atau 60,7% dan pada siklus II berhasil menuntaskan 25 siswa dengan nilai rata-rata 80,2 atau 89,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar PKn pokok bahasan keputusan bersama di kelas VBMI Ma’arif Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Kata kunci : Hasil belajar, PKn, Metode diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 35 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:39
Last Modified: 01 Jun 2016 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/79

Actions (login required)

View Item View Item