MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA PURBALINGGA

Muroatul, Asfia (2020) MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUROATUL ASFIA_MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU PADA PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI MA MINHAJUT THOLABAH BUKATEJA PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum terpadu pada program full day school di MA Minhajut Tholabah sehingga diharapkan diperoleh gambaran manajemen kurikulum terpadu yang dilihat dari aspek planning, organizing, actuating, dan controlling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Minhajut Tholabah menerapkan model kurikulum terpadu yang memadukan kurikulum Kementerian Agama dengan pembelajaran madrasah diniyah yang dipusatkan pada mata pelajaran agama dimana diantara keduanya saling terkait. Prosedur atau proses penerapan kurikulum ini meliputi; 1) perencanaan kurikulum yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pihak yayasan dalam rapat yayasan, 2) pengorganisasian yang dilaksanakan oleh waka kurikulum dibantu tim pelaksana kurikulum (guru) dimana dilakukan pengelompokkan tugas, wewenang, kewajiban terkait dengan kurikulum terpadu yang akan dilaksanakan, 3) pelaksanaan kurikulum terpadu, yaitu memadukan mata pelajaran agama (Kurikulum Kementerian Agama) dengan materi madrasah diniyah dalam substansi materi pembelajarannya dengan penyampaian materinya menggunakan media pembelajaran berupa kitab kuning yang disesuaikan dengan mata pelajaran yang terkait, yang dilaksanakan 6 hari jam kerja dengan waktu yang lebih padat, dalam pelaksanaan kurikulum terpadu yang difokuskan pada mata pelajaran agama dibagi menjadi 2 jenjang yaitu jenjang kelas ula dan wustho, sedangkan tahap 4) pengawasan dilakukan oleh pihak yayasan dan evaluasi kurikulum terpadu yang dilakukan oleh pihak sekolah melalui evaluasi hasil pembelajaran yang penilaiannya dikemas dalam bentuk laporan hasil pembelajaran dan evaluasi oleh pihak yayasan terkait penerapan kurikulum terpadu untuk proses pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Terpadu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Muroatul Asfia
Date Deposited: 24 Aug 2020 01:18
Last Modified: 24 Aug 2020 01:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item