STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

IDA ROHAYATI, NIM. 1123310026 (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IDA ROHAYATI_STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HIKMAH BANTARSOKA KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Strategi ialah usaha untuk memperoleh keberhasilan dan kesuksesan dalam mencapai tujuan. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan ( rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu, yakni tujuan pembelajaran. Sedangkan Ilmu pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu bidang studi yang terdiri dari kumpulan teori yang penerapannya secara umum terbatas pada gejala alam, lahir dan berkembang melalui proses observasi dan eksperimen serta menuntut rasa ingin tahu, terbuka, jujur, dan sebagainya sehingga terbentuklah konsep dan prinsip yang sistematis. Tjuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPA di MI Darul Hikmah Purwokerto Barat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan penulis melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triangulasi dan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi yang dilakukan guru mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Strategi digunakan guna mengimplementasikan rencana pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Strategi guru dalam perencanaan pembelajaran yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga pembelajaran efektif dan efisien. Strategi pada pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari perencanaan pembelajaran mulai dari menetukan materi, metode, media, dan penilaian yang dilakukan. Tanpa pemeilihan strategi yang tepat mustahil tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci: Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:53
Last Modified: 15 Aug 2016 07:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item View Item