PEMIKIRAN AYAH EDY TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERLANDAS PEMETAAN POTENSI UNGGUL ANAK

Santi, Kurniasih (2020) PEMIKIRAN AYAH EDY TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERLANDAS PEMETAAN POTENSI UNGGUL ANAK. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SANTI KURNIASIH_PEMIKIRAN AYAH EDY TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERLANDAS PEMETAAN POTENSI UNGGUL ANAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini berawal dari kekaguman penulis pada buku-buku karya Ayah Edy yang sebagian besar membahas tentang pola asuh orang tua terhadap anak dan menumbuhkan kesadaran pendidik yaitu orang tua dan guru dalam mengembangkan potensi anak. Anak adalah individu yang banyak menyimpan bakat di dalam dirinya, sangat disayangkan jika bakat yang ada pada diri anak tidak dikembangkan menjadi sebuah potensi unggul yang dapat mengantarkan anak pada prestasi. Orang tua dan guru juga seringkali tidak memahami potensi yang ada pada diri anak, sehingga anak tidak berkambang sesuai apa yang diharapkan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini disesuaikan dengan jenis penelitian yang dilakukan, yaitu library research maka menggunakan metode pengumpulan data yang tepat adalah metode pengumpulan data analisis, yaitu teknik penelitian yang ditujukan untuk membuat kesimpulan dengan cara mengidentifikasikan karakteristik tertentu pada pesan-pesan dari suatu teks secara sistematis dan objektif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, maka dapat disimpulkan bahwa langkah dalam pemetaan potensi unggul anak menurut Ayah Edy yaitu: mengerti makna kesuksesan yang sebenarnya, mengidentifikasi potensi unggul anak sejak awal, menyusun program stimulasi, membuat daftar minat dan bakat, uji coba bakat dan minat anak, serta menentukan tujuan yang jelas. keterlambatan dan ketidakmampuan pendidik memetakan potensi sejak awal dapat berakibat tidak baik yang akan dirasakan pada saat anak telah dewasa, dampaknya anatara lain: sekolah menjadi expenses, lahir individu yang tidak mencintai pekerjaannya, dan pasar bebas menjadi ancaman bagi tiap orang. hal tersebut menyadarkan kita sebagai pendidik agar selalu memperhatikan perkembangan anak sehingga dapat mengetahui bakat atau potensi pada diri anak dan dapat dikembangkan menjadi potensi unggul yang dapat dikembangkan menjadi potensi unggul yang dapat mengantarkan anak menuju masa depan gemilang. Kata kunci: Potensi Unggul Anak, Ayah Edy, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Potensi Unggul Anak, Ayah Edy, Anak Usia Dini
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 108 Kinds of persons in philosophy
100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Santi Kurniasih
Date Deposited: 22 Aug 2020 23:53
Last Modified: 22 Aug 2020 23:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item View Item