AYU, FATIMAH (2020) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS ICT (INFORMATION AND TECHNOLOGY COMMUNICATION) DI KELAS V MIN 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
AYU NUR FATIMAH_PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DI KELAS V MIN 1 PURBALINGGA.pdf Download (958kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah berangkat dari pembelajaran yang berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang diterapkan dalam pembelajaran tematik dan ternyata memberi perubahan dalam perkembangan motivasi belajar siswa di MIN 1 Purbalingga. Dengan menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk video dan slide membuat siswa lebih aktif dan tertarik serta semangat dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik berbasis ICT adalah pembelajaran di mana dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya yaitu media pembelajaran berbasis ICT yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan komputer multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, yang bersifat kualitatif deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di MIN 1 Purbalingga. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala Sekolah, Guru Kelas V, Siswa dan pengamatan langsung dalam kegiatan pembelajaran tematik berbasis ICT. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan tringulasi sumber, teknik waktu, dan uji kredibilitas perpanjangan pengamatan. Hasil penelitan yang diperoleh peneliti menyimpulkan bahwa guru dalam menerapkan pembelajaran tematik berbasis ICT lebih sering menggunakan laptop, LCD, dan speaker. Laptop digunakan untuk mencari materi melalui internet dan power point untuk menampilkan materi pembelajaran dalam bentuk slide. LCD digunakan untuk menampilkan materi sehingga terlihat lebih besar serta jelas, sedangkan speaker digunakan untuk pengeras suara sehingga ketika menampilkan video suaranya lebih jelas. Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Berbasis ICT, Kelas V.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Berbasis ICT, Kelas V |
Subjects: | 200 Religion > 260 Christian social theology > 261 Social theology 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.1 Filsafat 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ayu Nur Fatimah sdr |
Date Deposited: | 16 Aug 2020 15:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2020 15:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7761 |
Actions (login required)
View Item |