Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Al Azkia Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas

Reni, Setya Wati (2020) Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di KB Al Azkia Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RENI SETYA WATI_PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB AL-AZKIA KELURAHAN PURWANEGARA KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam pendidikan karakter anak usia dini di KB Al-azkia Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan, pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini guru, kepala sekolah dan siswa. Sedangkan obyek dalam penelitian ini, peran guru dalam pendidikan karakter anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menjelaskan tentang peran guru dalam pendidikan karakter anak usia dini meliputi peran guru sebagai model, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai pelatih, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai penilai. 1) Peran guru sebagai model, dimana guru dapat menunjukkan bersikap baik di depan anak didiknya. Selain itu, guru hendaknya mau merubah perilaku menjadi seorang guru yang baik apabila sikapnya masih kurang baik. 2) Peran guru sebagai pembimbing yaitu guru mendampingi setiap kegiatan yang dilakukan anak. 3) Peran guru sebagai pelatih yaitu guru dengan sabar bisa mengulang siswanya yang belum bisa. 4) Peran guru sebagai motivator, guru menyemangati siswanya dengan menebarkan semangat positif agar anak mau untuk melakukan kegiatan tanpa ragu. 5) Peran guru sebagai penilai, guru harus bisa menilai perkembangan peserta didiknya sesuai dengan kemampuannya. Saran yang diberikan supaya guru lebih memperhatikan perilaku semua anak didiknya tidak hanya kepada satu anak. Agar semua anak menjalankan pendidikan karakternya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Reni Setya Wati
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:35
Last Modified: 19 Aug 2020 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7728

Actions (login required)

View Item View Item