KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Retno, Nur Andini (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRAMAT KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RETNO NUR ANDINI_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan faktor eksternal yang penting dalam pendidikan karena terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran, pembentukan dan pengembangan intelektual serta kepribadian siswa. Baik atau tidaknya kualitas pendidikan akan terlihat dari kinerja dan kompetensi guru sebagai pendidik yang melaksanakan proses pembelajaran. Guru harus memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mendidik dan mengajar. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memilki kompetensi pedagogik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jenis penelitin ini adalah penelitian lapangan dengan metode studi deskriptif analitis. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan Guru Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah Kramat Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas telah memenuhi kompetensi inti dari kompetensi pedagogik guru sesuai dengan Permendiknas No.16 Tahun 2007 terdapat 10 indikator yaitu memahami karakteristik peserta didik yaitu dengan melihat tingkah lakunya sehari-hari, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yaitu dengan menyediakan metode dan strategi pembelajaran bervariasi, mengembangkan kurikulum yaitu dengan membuat RPP yang dikembangkan dari silabus, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yaitu dengan membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yaitu menggunakan LCD dan laptop, memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik yaitu dengan melaksanakan praktek mengenai materi yang dibahas, berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik yaitu dengan memahami bahasa keseharian dan partisipasi peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yaitu dengan membuat intrumen penilaian, menganalisis, dan mengadministrasikannya, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk mengidentifikasi topik yang sulit dan kesulitan belajar peserta didik, melakukan tindakan reflektif dengan menguji pemahaman peserta didik tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Retno Nur Andini
Date Deposited: 12 Aug 2020 07:18
Last Modified: 12 Aug 2020 07:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7686

Actions (login required)

View Item View Item