DYAH PRASTIKA PROBORETNO, 082331045 (2012) UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
DYAH PRASTIKA PROBORETNO_UPAYA GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
Abstract
Karaktermerupakansuatu yang sangatpentingdalampendidikan yang sebenarnyakarenakaraktermerupakanruhdaripendidikanitusendiriolehkarenaitu, pendidikankaraktersaatinisedanggencar-gencarnya di canangkanolehpemerintah. Akan lebihbagusjikanilai-nilaikarakterditanamkankepadaanaksejakusiaprasekolahkarenausiaprasekolahmerupakanusiaperkembangna optimal anakataumasagolden age.KarenahalitulahpenulistertarikuntukmenelitipembentukankarakteranakpadaanakusiaprasekolahsehinggapenelitianinimengambiltemaUpaya Guru dalampembentukankarakteranak di TKIT MutiaraHatiPurwarejaKlampok. TKIT MutiaraHati yang beralamat di KomplekKramikMustika 3, Jl. Raya TimurKlampok, KecamatanPurwarejaKlampokKabupatenBanjarnegaraJawa Tengah. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (fiel research) denganmenggunakanpendekatanpenelitiankualitatif.Penelitian yang menghasilkan data deskriptifberupa kata-kata tertulisataulisandari orang-orang danperilaku yang dapatdiamati.DenganmenggunakanMetodeobservasi, wawancaradandokumentasiuntukmengumpulkan data.Dalammenganalisi data penelitimenggunakanmetodenon statisticatauanalisiskualitatifdenganmetodedeskriptif.Metodeinibertujuanuntukmelihatgambarantentangupaya guru dalampembentukankarakteranak di Taman Kanak-kanakIslam TerpaduMutiaraHatiPurwarejaKlampokBanjarnegara. Analisis data penelitiankualitatifmeliputitahapananalisis data studipendahuluandananalisiselamadilapangan. Padatahapananalisiselamadilapanganmemiliki 3 tahapanyaitudata reduction (reduksi data), data display (penyajian data)danconclusion drawing (membuatkesimpulan). HasilpenelitianberupaUpaya Guru dalamPembentukanKarakterAnak di TKIT MutiaraHatiPurwarejaKlampokyaitupadakegiatankurikuler, kokurikuler, danekstrakurikuleryaitumelaluiketeladanan, pembiasaan, kedisiplinan, kesopanan, menciptakanpergaulan yang baikdanmelalui proses pelatihansertaadanyakerjasamadengan orang tua. Dari penelitianinidiketahuibahwaUpaya yang dilakukan guru sudahsangatbaikkarenasesuaidengankarakteristikanak, tahapperkembangananakdannilai-nilaikarakterbaik. Kata kunci : Upaya Guru danPembentukanKarakterAnakUsiaPrasekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 12 Aug 2016 08:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/766 |
Actions (login required)
View Item |