METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Nur Rochmah, 082331118 (2012) METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
NUR ROCHMAH_METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode digunakan dalam serangkaian sistem pembelajaran yang memegang peranan sangat penting dalam keberhasilannya. Sepintar apapun guru dalam menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik, jika guru dalam menyampaikan materi tidak mempunyai metode yang sesuai dalam proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan peserta didik tidak bisa menerima materi tersebut dengan baik. Latar belakang dari penelitian ini yaitu dalam pembelajaran Fiqih guru menggunakan beberapa metode tidak hanya satu metode saja. Selain itu, nilai dari peserta didik dalam pelajaran Fiqih baik. Walaupun MI Ma’arif Beji mempunyai besik agama, namun dalam pelajaran umum mendapat prestasi di tingkat kecamatan sampai provinsi. Penelitian ini membahas mengenai metode pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan Metode Pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, metode ini digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung yang sekiranya dapat menggambarkan tentang penerapan metode pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Beji, metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan yang dilakukan guru dan peserta didik dalam pembelajaran Fiqih di kelas, serta metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan MI Ma’arif Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas seperti letak geografis, sejarah singkat, sruktur organisasi, keadaan guru dan peserta didik, visi dan misi, tujuan berdiri, serta sarana dan prasarana yang ada dengan melihat dokumentasi di MI Ma’arif Beji. sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara menelaah seluruh data, reduksi data dan menyusun kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat enam metode dalam pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Adapun metode yang digunakan yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill, metode resitasi, dan metode diskusi. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Fiqih, MI Ma’arif Beji

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:45
Last Modified: 12 Aug 2016 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item