PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

NUR LAELA LUTFIANA, NIM 1123305117 (2016) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text
NUR LAELA LUTFIANA_PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA MI MA’ARIF NU 02 BABAKAN KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak, termasuk dalam meningkatkan motivasi belajar anaknya pada proses belajar. Orang tua sebegai peletak dasar pendidikan bagi anak dalam keluarga yang selanjutnya akan menjadi dasar kepribadian anak di kemudian hari. Apabila anak sejak dini telah dilatih kedisiplinan, ketekunan dalam belajar maka akan berpengaruh kepada anak di masa- masa yang akan datang. Demikian pula bimbingan, asuhan orang tua akan ikut membentuk motivasi belajar bagi anak. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa MI Ma’arif NU 02 Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa MI Ma’arif NU 02 Babakan. Bentuk peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi perhatian pada proses belajar anak, pemberian pengertian tentang cita- cita, pemberian hadiah dan hukuman, dan penyediaan fasilitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian pengurus MI Ma’arif NU 02 Babakan yang merupakan mediator antara orang tua murid dengan madrasah dan 6 orang tua siswa kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa MI Ma’arif NU 02 Babakan adalah peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar antara lain dengan memperhatikan proses belajar anak, memberikan pengertian bahwa dengan belajar cita- cita anak akan tercapai, memberikan hadiah dan hukuman, dan menyediakan fasilitas belajar. perhatian orang tua dalam proses belajar anak yakni dengan cara mengawasi serta mendampingi anak ketika belajar. Pengertian tentang pentingnya belajar untuk mencapai cita- cita disampaikan orang tua melalui nasehat. Hadiah diberikan saat anak meraih prestasi, sedangkan hukuman tidak pernah mereka berikan saat anak malas. Fasilitas belajar anak yang disediakan orang tua cukup memadai.Dengan peran orang tua diatas dapat menjadikan anak termotivasi dalam belajar dan memperoleh prestasi. Kata kunci: perhatian, pengertian pentingnya belajar, hadiah dan hukuman, fasilitas belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:09
Last Modified: 12 Aug 2016 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item