STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN ANALISIS SWOT STUDI KASUS INDUSTRI KNALPOT BAPAK AKHMAD SULTONI (MUSCLE POWER) DESA PESAYANGAN PURALINGGA LOR

ULVY TRI, AYU AGUSTIN (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN ANALISIS SWOT STUDI KASUS INDUSTRI KNALPOT BAPAK AKHMAD SULTONI (MUSCLE POWER) DESA PESAYANGAN PURALINGGA LOR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ULVY TRI AYU AGUSTIN_STRATEGI PENGEMBANGAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pasti tidak pernah lepas dari yang namanya masalah, baik masalah internal maupun eksternal. Begitu juga yang dialami Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni (Muscle Power), usaha ini juga mengalami berbagai permasalahan, mulai dari permasalahan internal, yaitu kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang kurang memadai dan kurang kompeten, alat produksi pendukung yang masih terbatas, proses produksi yang memakan waktu lama, modal yang terbatas, dan belum adanya manajemen keuangan. Sedangkan permasalahan eksternal yaitu, tingkat persaingan usaha yang tinggi, pergeseran minat masyarakat, posisi tawar dari konsumen yang masih rendah, harga bahan baku yang tidak stabil, lokasi antar usaha yang saling berdekatan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dapat mengembangkan UMKM Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni (Muscle Power) Desa Pesayangan Purbalingga Lor. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni (Muscle Power) Desa Pesayangan Purbalingga Lor pada tanggal 20 Desember 2019 – 20 Juni 2020. Subjek penelitian ini adalah pemilik dan pegawai Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni (Muscle Power). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan sesimpulan, serta analisis SWOT. Dimana data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta merumuskan strategi suatu perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa srategi pengembangan Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni yang dapat digunakan yaitu, meningkatkan mutu dan kualitas knalpot untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan promosi dengan mengandalkan tekhnologi berupa e-commerce, melakukan pelatihan kepada para karyawan untuk menambah kreatifitas serta inovasi dalam membuat knalpot. Kata kunci: Strategi pengembangan, UMKM, Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni (Muscle Power), dan Analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan, UMKM, Industri Knalpot Bapak Akhmad Sultoni (Muscle Power), dan Analisis SWOT.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Uluy Tri Ayu Agustin
Date Deposited: 07 Aug 2020 01:15
Last Modified: 07 Aug 2020 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item View Item