PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET BAGI SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU 1 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

DUROTUL BARIROH, NIM. 092336006 (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET BAGI SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU 1 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
DUROTUL BARIROH_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET BAGI SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU 1 CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar Matematika pokok bahasan Penjumlahan dan Pengurangan melalui media Benda Kongkret Kelas I MI Ma’arif NU 1 Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Kajiannya dilatar belakangi karena hasil prestasi siswa Kelas I pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan yang belum mencapai KKM pokok bahasan tersebut. Hal ini terlihat dari perolehan nilai ketercapaian KKM pada pokok bahasan Penjumlahan dan pengurangan yaitu 55 baru 11 atau 40% dari 26 siswa yang ada di Kelas I, berarti masih ada 60% siswa yang belum tuntas belajar dalam pokok bahasan tersebut. Peneliti berupaya keras untuk melakukan Perbaikan Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Media Benda Kongkret pada siswa Kelas I yang berjumlah 26 siswa dengan 2 (dua) siklus. Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran menunjukan hasil dari 40% siswa yang tuntas belajar pada awal meningkat menjadi 61% pada siklus pertama dan menjadi 89% pada siklus kedua. Partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan dari dari 72% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas yang pada awalnya 54,6 menjadi 57,6 pada siklus I dan menjadi 75 pada siklus II. Dengan demikian Perbaikan Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan menggunakan media Benda kongkret dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Media Benda Kongkret sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:09
Last Modified: 12 Aug 2016 07:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item