PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS

Pangestika, Ayuning Fitri (2020) PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PANGESTIKA AYUNING FITRI_PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013 pada Kelas IV MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas mulai dari bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang dilakukan pada pembelajaran tematik tersebut. Diterapkannya kurikulum 2013 di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas dilatarbelakangi oleh keputusan pemerintah mengenai anjuran penerapan kurikulum 2013. Selain dari segi sarana dan prasarana, fasilitas serta prestasi yang memadai, kualitas guru dan siswa juga merupakan hal yang menjadikan MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas layak untuk menerapkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan dengan metode deskriptif tentang Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum pada Kelas IV di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan guru kelas IV. Sedangkan teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013 pada Kelas IV MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas ini melalui tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Untuk tahap perencanaan, guru kelas IV membuat RPP sendiri yang berpedoman pada silabus, buku guru, dan buku siswa. Sedangkan untuk tahap pelaksanaan, guru kelas IV menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan apa yang tertulis dalam RPP. Untuk penilaian dalam pembelajaran tematik, guru kelas IV menggunakan penilaian autentik, yaitu menggunakan penilaian tertulis. Ada dua jenis penilaian tertulis, yaitu penilaian tes dan non tes. Waktu pelaksanaannya setelah selesai satu pembelajaran, setelah selesai satu sub tema, setelah selesai 2 tema, setelah selesai 5 tema, setelah selesai 7 tema, dan setelah selesai 8 tema.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pangestika Ayuning Fitri
Date Deposited: 06 Aug 2020 01:19
Last Modified: 06 Aug 2020 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7595

Actions (login required)

View Item View Item