Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Salaftiyah Bantarsari Clacap Tahun Pelajaran 2019/2020

AFNI ASLIKHAH, 1522403047 (2020) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Salaftiyah Bantarsari Clacap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
AFNI ASLIKHAH_PENGARUH MOTIVASI BELAJAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta-fakta di lapangan menemukan permasalahan berupa rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Salah satu faktor yang diduga berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah motivasi belajar mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode survei digunakan untuk meneliti populasi dan sampel yang dipilih secara random. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 responden diperoleh dari teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana yang berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Bantarsari Cilacap. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah Bantarsari Cilacap. Besar pengaruh tersebut dilihat dari besar R Square menunjukkan besar pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y yaitu 0,169 = 16,9%. Artinya, besaran pengaruh variabel motivasi belajar terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 16,9% sedangkan sisanya 83,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y=1,420 + 0,368X. Koefisien b dinamakan koefisien arah regresi dan menyatakan perubahan rata-rata variabel Y untuk setiap perubahan variabel X sebesar satu satuan. Perubahan ini merupakan pertambahan bila b bertanda positif dan penurunan bila b bertanda negatif. Persamaan tersebut menunjukan bila b bertanda positif yang artinya apabila motivasi belajar (X) meningkat 1 maka minat belajar (Y) akan bertambah 0,368.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Minat Belajar Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:11
Last Modified: 09 Jul 2020 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7476

Actions (login required)

View Item View Item