IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP

Asih Supriyatin, 1323301262 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA SMP ISLAM AL AZHAR 15 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
ASIH SUPRIYATIN_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN PADA SISWA S.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengoptimalan pendidikan karakter di sekolah, pesatnya perkembangan teknologi dan informasi yang makin canggih dan digunakan bukan pada tingkat usianya menyebabkan degradasi moral pada siswa serta menurunnya budaya gemar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Tujuan peneliti melakukan ini untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an pada siswa di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kasus dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan. Dalam penelitian ini penulis menggambarkan mengenai implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran tahfidzul Quran yang dilakukan di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tahfidzul Qur’an menggunakan metode muraja’ah dan talaqqi sudah berjalan dengan baik dan efektif di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Terdapat lima kegiatan dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an yaitu: Kegiatan Muraja’ah, Setoran Hafalan, Semaan Al-Qur’an, Ayat Of The Day, BTQ dan Ilmu Tajwid. Dari kegiatan tersebut mampu menciptakan nilai-nilai karakter bagi peserta didik. Ada 18 nilai-nilai karakter yang diterapkan oleh siswa yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Selain itu, dari kegiatan pembelajaran tahfidzul Qur’an masuk dalam pilar-pilar pendidikan karakter yaitu moral knowing (pengetahuan), moral loving (afektif), dan moral doing (keterampilan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tahfidzul Qur’an, SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:24
Last Modified: 08 Jul 2020 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7466

Actions (login required)

View Item View Item