“PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK IT QUANTUM MULIA KROYA KABUPATEN CILACAP”

RisnaAnjarwati, 1522406077 (2020) “PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK IT QUANTUM MULIA KROYA KABUPATEN CILACAP”. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
RISNA ANJARWATI_PENGEMBANGAN KETERAMPILAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilanmembacaharusdimilikiolehsetiapindividu yang dapat di stimulasisejakusiadini. Untukituperan guru dan orang tuauntukmengembangkanketerampilanmembacasangatdibutuhkan.Pengembanganketeramilanmembacapadaanakusiadiniadalahpengembangankemampuanataukecakapananakdalammembacahurufdansimbol – simbolsebagaisalahsatukemampuandasar, sesuaidengantahapusiadankarakteristikperkembangannya. Setiapanakdenganusia yang samaakanmemilikiperkembanganketerampilanmembaca yang berbedadisebabkanolehfaktorpendukungdanpenghambat yang berbeda. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpelaksanaanstrategipengembanganketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahun di TK IT Quantum MuliaKroyaKabupatenCilacapsesuaidengantahapanperkembangananakmenurutPermendikbud no. 137 tahun 2014 tentangstandarnasionalpendidikananakusiadinimengenaitingkatpencapaianperkembanganbahasaanakusia 5 – 6 tahun, meliputimemahamibahasa, mengungkapkanbahasadankeaksaraan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiandeskriptif.Subjekdalampenelitianiniadalahpesertadidikusia 5 – 6 tahunkhususnyakelas B1, denganberbagai stimulus yang disajikanolehpendidikdan orang tua, berupakegiatanmembacabukuberjilid, mendongeng, sudutbacadansebagainya, gunamenambahpembendaharaan kata danmeningkatkanketerampilanmembacaanak. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikwawancara, teknikobservasidanteknikdokumentasi.Instrumenpenelitian yang digunakanyaitupedomanobservasiperkembanganketerampialanmembacapadabukuprestasianak, pedomanobservasipembelajarandanpedomanobservasiwawancarakepalasekolah, guru danwalimurid.Teknikanalisis data yang digunakanadalahteknikanalisismeliputireduksi data, penyajian data, sertapenarikankesimpulandanverifikasi.Pengujiankeabsahan data dilakukandengantrianggulasiteknikdansumber. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganberbagaistrategi yang dilakukansetiapharigunamengembangkanketerampilanmembacapadaanakusia 5 – 6 tahundenganmetode stimulus responoleh orang tuadan guru sudahcukupbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PengembanganKeterampilanMembaca, AnakUsia 5 – 6 Tahun
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:02
Last Modified: 07 Jul 2020 07:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7460

Actions (login required)

View Item View Item