KOMODIFIKASI HIJAB PADA IKLAN POND’S WHITE BEAUTY FACIAL FOAM EDISI #JANGANRAGU #LIHATHASILNYA

KHARISMA PAMULA, 1617102066 (2020) KOMODIFIKASI HIJAB PADA IKLAN POND’S WHITE BEAUTY FACIAL FOAM EDISI #JANGANRAGU #LIHATHASILNYA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
KHARISMA PAMULA_KOMODIFIKASI HIJAB PADA IKLAN POND’S WHITE BEAUTY FACIAL FOAM EDISI .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhir-akhir ini kapitalisme sering menjual produk dengan membawa agama. Agama yang berisi tuntunan dan nilai-nilai luhur telah dijadikan komoditas. Seperti yang belakangan ini sering dilakukan oleh iklan yang menggunkan atribut agama untuk menarik konsumennya, salah satunya dengan menggunakan hijab. Hijab dikomodifikasi dan dikemas semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian konsumen, hal tersebut dilakukan demi medapatkan keuntungan penjualan yang lebih tinggi. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah litereer atau teks media dengan pendekatan semiotik. Metode yang digunakan adalah kualitatif karena penelitian ini berkaitan dengan dinamika kehidupan sosial. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis semiotika Charles Sender Peirce dengan teori segitiga makna (triangle of meaning) yaitu tanda, objek, dan interpretan untuk membongkar dan menganalisis tanda-tanda yang menunjukkan adanya praktik komodifikasi. Skripsi ini menggunakan teori konstruksi realitas untuk melihat bagaimana iklan tersebut mengonstruksi realitas yang ada di masyarakat sekarang. Teori ekonomi politik media: komodifikasi, untuk melihat bagaimana kapitalisme mengkomodifikasi hijab untuk mendapatkan keuntungan. Teori iklan, karena skripsi ini membahas mengenai komodifikasi yang terjadi dalam iklan televisi, dan tinjauan mengenai hijab. Hasil penelitian berdasarkan analisis semiotika Charles Sander Peirce yang telah penulis lakukan pada iklan Pond's White Beauty Facial Foam edisi #JanganRagu #LihatHasilnya, menunjukkan adanya komodifikasi konten yang muncul dari tanda dan makna yang terdapat dari penggambaran cerita dalam iklan tersebut. Penggunaan hijab pada iklan ini hanyalah sebuah konsep cerita iklan untuk mempromosikan produknya, sehingga disini terdapat pergeseran nilai guna menjadi nilai tukar dalam ranah kapitalisme. Selain itu, komodifikasi pekerja yaitu dengan memilih model aktris muda yang sedang naik daun dan memiliki banyak penggemar untuk memerankan iklan ini, model tersebut yaitu Saskia Candwik. Kata kunci: Iklan, Agama, Komodifikasi, Hijab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Agama, Komodifikasi, Hijab
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:04
Last Modified: 06 Jul 2020 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7434

Actions (login required)

View Item View Item