ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB BAS DI BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO DENGAN MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG)

Herlina Desyanti Ramadani, 1617202100 (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN iB BAS DI BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO DENGAN MATRIK BOSTON CONSULTING GROUP (BCG). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
HERLINA DESYANTI RAMADANI_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak bank yang tidak memiliki strategi usaha yang fokus, padahal strategi usaha itu menjadi tombak kesuksesan bagi suatu bisnis atau bank. Strategi pemasaran dipandang sebagai rencana untuk memaksimumkan peluang meraih bisnis yang ditargetkan melalui pengelolaan faktor-faktor yang dapat dikendalikan perusahaan, seperti desain produk, periklanan, pengendalian biaya, dan pengetahuan pasar. Sedangkan Matrik Boston Consulting Group (BCG) secara grafis menunjukkan perbedaan di antara berbagai divisi dalam posisi pangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan industri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui strategi pemasaran dengan analisis Matrik Boston Consuling Group (BCG) agar bank dapat tepat dalam mengambil keputusan setelah mengetahui posisi produk. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah strategi pemasaran pada tabungan iB BAS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah Observasi Parsitipatif, wawancara terstruktur, dokumentasi dan gabungan dari ketiganya atau triangulasi. Teknik ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Bina Amanah Satria Purwokerto pada Produk Tabungan iB BAS. Hasil dari Penelitian ini adalah Strategi yang digunakan oleh BPRS Bina Amanah Satria pada Produk Tabungan iB BAS adalah dengan pendekatan bauran pemasaran (Marketing Mix) yaitu : Strategi Produk (Product), Strategi Harga (Price), Strategi Lokasi (Place) dan Strategi Promosi (Promoton). Sedangkan hasil analisis Matrik Boston Consulting Group (BCG) pada tahun 2019 tingkat pertumbuhan pasar (Market Grow Rate) produk tabungan iB BAS yaitu 10,72 % yang berarti bahwa tabungan iB BAS memiliki tingkat pertumbuhan pasar yang tinggi. Adapun pangsa pasar relatif (Relative Market Share) produk tabungan iB BAS yaitu 0.55 kali yang berarti bahwa pangsa pasar relatif (Relative Market Share) tabungan iB BAS lebih besar dari pesaing yaitu Simpanan Ummat. Berdasarkan hasil tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar tersebut, maka Tabungan iB BAS berada pada posisi bintang atau star. Strategi yang digunakan BPRS BAS pada produk tabungan iB BAS adalah menerima investasi yang besar untuk mempertahankan dan mengembangkan produk tabungan iB BAS. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan iB BAS, dan Matrik Boston Consulting Group (BCG) ANALYSIS OF iB BAS SAVINGS MARKETING STRATEGY IN BPRS BINA AMANAH SATRIA PURWOKERTO WITH BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) MATRIX

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Tabungan iB BAS, dan Matrik Boston Consulting Group (BCG)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 04 Jul 2020 06:59
Last Modified: 04 Jul 2020 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7422

Actions (login required)

View Item View Item