PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman Kabupaten Banyumas)

Fadhilah, Laely Syifa (2020) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FADHILAH LAELY SYIFA_PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman Kabupaten Banyumas).pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan entitas bisnis yang mempunyai peranan strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional. Kontribusi UMKM menjadi tulang punggung perekonomian negara terlihat dalam perannya sebagai pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan stabilitas nasional. Selain itu, UMKM juga sebagai wadah untuk penciptaan wirausaha baru. Wirausaha saat ini dihadapkan dengan gelombang revolusi industri 4.0, yang mengharuskan UMKM untuk memeriksa ulang cara mereka dalam menjalankan bisnis, sehingga tidak tergilas di tengah persaingan. Orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar merupakan pelopor sekaligus penguatan untuk memiliki keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM makanan dan minuman yang terdaftar di UMKM binanan Kabupaten Banyumas yaitu sebanyak 23 UMKM. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah korelasi rank spearman, konkordansi kendall w dan regresi ordinal dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statictical Product and Service Solution) versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM makanan dan minuman Kabupaten Banyumas; 2) orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM makanan dan minuman Kabupaten Banyumas; 3) orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar secara bersama-sama berpengaruh terhadap keunggulan bersaing UMKM makanan dan minuman Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Fadhilah Laely Syifa
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:11
Last Modified: 03 Jul 2020 09:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7390

Actions (login required)

View Item View Item