RETORIKA DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE VIDEO TENTANG “IMAN” PADA CHANNEL ONE MINUTE BOOSTER

NOVIANA RAHMAWATI, 1617102029 (2020) RETORIKA DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE VIDEO TENTANG “IMAN” PADA CHANNEL ONE MINUTE BOOSTER. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOVIANA RAHMAWATI_RETORIKA DAKWAH USTADZ HANAN ATTAKI DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE VIDEO TENTANG IM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah pada dasarnya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam. Berdakwah merupakan aktifitas lisan maupun tulisan yang dilakukan untuk mengajak seseorag ke jalan Allah SWT. Mengingat betapa pentingnya aktifitas dakwah, maka dakwah haruslah dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. Hal tersebut harus diperhatikan oleh seorang da’i agar penyampaian dakwah benar-benar sampai ke mad’u. Maka dengan ilmu retorika dakwah akan bisa mengajak umat dalam kebaikan. Seperti halnya dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Hanan Attaki yang mulai terkenal di media sosial youtube melalui dakwahnya. Berbeda dengan ustadz lainnya, Hanan Attaki memiliki keunikan tersendiri. Hal itu terlihat dari penyampaian dakwah, gaya bahasa yang mudah di pahami oleh semua kalangan, terutama remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya retorika yang digunakan oleh Ustadz Hanan Attaki, sehingga peneliti melihat masalah bagaimana gaya bahasa Ustadz Hanan Attaki dalam media sosial youtube, kemudian menganalisis video yang berjumlah 10 video yang berjudul iman pada akun channel one minute booster. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teori Retorika dari Aristoteles. Dalam penelitian ini peneliti lebih menekankan pada sebuah tanda yang terdapat pada gaya bahasa yang digunakan Ustadz Hanan Attaki. Hasil penelitian yang didapat dari menganalisis gaya retorika Ustadz Hanan Attaki dalam ceramah yang berjudul “iman” sangat bervariasi. Seperti penggunaan gaya bahasa, UHA menggunakan gaya bahasa antara lain: bahasa tidak resmi, bahasa percakapan, bahasa sederhana, gaya mulia bertenaga, gaya bahasa menengah. Pakaian yang digunakan juga terlihat santai dan kekinian namun masih terlihat sopan. Hal tersebut dilakukan untuk mengimbangi kondisi mad’u yang banyak didominasi oleh kalangan para pemuda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Retorika Dakwah, Iman, Ustadz Hanan Attaki, Youtube
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:16
Last Modified: 02 Jul 2020 05:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7375

Actions (login required)

View Item View Item