MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM

Rahma, Dwi Septiani (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM. IAIN Purwokerto, Purwokerto. ISBN 978-602-6730-73-2

[img] Text
RAHMA DWI SEPTIANI (MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, PENUTUP, DAFTAR REFERENSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai bagaimana manajemen pembelajaran berbasis alam. Banyak terjadi fenomena kerusakan alam dimana-mana, contoh nyatanya adalah global warming (pemanasan global), dikarenakan rasa tidak peduli manusia terhadap alam sekitar. Kemajuan zaman yang membuat manusia semakin jauh dari alam sehingga lupa caranya untuk menjaga dan melindungi alam tempat mereka tinggal. Selain itu, perkembangan potensi yang kurang diperhatikan pada sistem pendidikan pada umumnya, sehingga peserta didik kurang bisa memahami dan mengembangkan potensi yang dimiliki, padahal setiap peserta didik memiliki potensi unik yang berbeda satu sama lain. Sekolah alam merupakan lembaga pendidikan yang mengusung konsep untuk menggunakan alam sebagai sarana dam sumber belajar peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai bagaimana manajemen pembelajaran berbasis alam. Penelitian ini dilakukan dengan metode content analysis atau analisis isi. Data-data yang digunakan berupa data primer dan sekunder berupa buku-buku dan jurnal yang memiliki tema sama. Hasil dari penulisan ini adalah 1) Manajemen pembelajaran berbasis alam merupakan pengelolaan pembelajaran mulai dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai dengan penilaian yang menggunakan alam sebagai media, sarana maupun sumber belajar agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 2) Perencanaan pembelajaran berbasis alam dapat diartikan sebagai kegiatan penetapan tujuan, metode, program dan lainnya yang mendukung jalannya pembelajaran yang mempunyai khas setiap sekolah dan didasarkan kepada konsep dan tema yang telah ditetapkan sebelumnya. 3) Pengorganisasian pembelajaran berbasis alam merupakan kegiatan pembagian dan penempatan tugas serta tanggung jawab setiap pihak yang terkait dengan kegiatan pembelajaran. 4) Pelaksanaan pembelajaran berbasis alam merupakan kegiatan pelaksanaan atau implementasi pembelajaran yang telah dirancang sebelumnya, dapat dilaksanakan di dalam dan di luar kelas (lingkungan sekitar). 5) Penilaian pembelajaran berbasis alam merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang dan direncanakan guna mengukur tingkat efektivitas dari program, metode maupun teknik dan keseluruhan sistem pembelajaran. 6) Kurikulum yang digunakan merupakan gabungan dari kurikulum dasar dan kurikulum khas dari masing-masing sekolah. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Berbasis Alam, Sekolah Alam.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Berbasis Alam, Sekolah Alam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahma Dwi Septiani
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:24
Last Modified: 30 Jun 2020 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7342

Actions (login required)

View Item View Item