KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN

LUTHFIYA AZKA NIDA KHAYATI, 1617402203 (2020) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF MENURUT K.H. AHMAD DAHLAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka (3).pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Luthfiya Azka Nida Khayati_Konsep Pendidikan Islam Integrati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu aspek kehidupan yang diharuskan untuk manusia. Berbagai macam teori tentang pendidikan menunjukan tujuan dari pendidikan yang hasilnya tidak hanya untuk masalah keduniaan tetapi juga akhirat, sehingga dari teori-teori tersebut terbentuk berbagai macam konsep pendidikan. Pertanyaannya, konsep pendidikan seperti apa yang pantas untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan tersebut ? Pada kenyataan yang ada saat ini, berbagai konsep telah diupayakan, akan tetapi hasil yang didapat belum sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Penelitian ini akan menjawab persoalan tersebut, sebagaimana yang telah diuraikan, gagasan K.H. Ahmad Dahlan akan dikaji sebagai man of action dalam bidang pendidikan yang mengintegrasikan pengetahuan agama dengan pengetahuan umum. Pendidikan integrasi yang diwujudkan dengan tujuan membentuk manusia yang tidak hanya ahli dalam bidang keagamaan saja, tetapi juga dalam bidang pengetahuan umum, atau sebaliknya, agar dapat mampu bersaing dan menghadapi kemajuan teknologi dengan tetap berpegang pada nilai-nilai keagamaan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan memfokuskan untuk mengumpulkan, menganalisis, menyajikan, serta menyimpulkan segala bentuk informasi yang berkaitan dengan pemikiran tokoh. Dalam menganalisis data-datanya penulis menggunakan teknik analisis isi, yaitu berupa data-data tertulis. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa gagasan K.H. Ahmad Dahlan mengenai konsep pendidikan Islam secara integratif dilaksanakan dengan menekankan perwujudan terhadap tujuan pendidikan Islam yaitu mengarahkan manusia menjadi muslim yang memiliki budi pekerti luhur yaitu alim perihal agama, luas pandangan berarti alim tentang ilmu umum dan bersedia berjuang untuk kepentingan kemajuan umat, dengan cara pembentukan karakter melalui pengetahuan agama dan pengetahuan umum secara terintegrasi. Kata Kunci: Konsep, Pendidikan Integratif, K.H. Ahmad Dahlan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pendidikan Integratif, K.H. Ahmad Dahlan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Jun 2020 07:56
Last Modified: 29 Jun 2020 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item View Item