DOMINASI IDEOLOGI KAPITALISTIK DALAM IKLAN BERBASIS KEAGAMAAN (STUDI KAJIAN IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA)

Puput, Khoirun Nisa (2020) DOMINASI IDEOLOGI KAPITALISTIK DALAM IKLAN BERBASIS KEAGAMAAN (STUDI KAJIAN IKLAN LARUTAN CAP KAKI TIGA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PUPUT KHOIRUN NISA_DOMINASI IDEOLOGI KAPITALISTIK DALAM IKLA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media saat ini telah bergeser menjadi industri media dimana media tidak hanya berfungsi sebagai alat edukasi, informasi, dan hiburan saja melainkan sebagai prospek ekonomis dalam menghasilkan keuntungan kapitalis. Konten media ditampilkan dengan membawa isu-isu agama karena agama merupakan sesuatu yang absolut. Penelitian ini akan membahas secara teoritis mengenai dominasi ideologi kapitalistik dalam iklan berbasis keagamaan, yang mana penulis teliti disini adalah iklan larutan Cap Kaki Tiga. Iklan tersebut merupakan sebuah iklan produk yang menggunakan tokoh agama sebagai bintang iklannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis mengapa iklan media televisi menggunakan tokoh agama sebagai bintang iklannya. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dalam kondisi seperti apa materi agama ditampilkan dalam iklan media televisi. Iklan media televisi menggunakan tokoh agama sebagai bintang iklannya merupakan instrumen startegis dalam memobilisasi konsumen. Metode penelitian yang digunakan penulis disini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif teks. Analisis yang telah dilakukan penulis diteliti menggunakan teori Jurgen Habermas dengan dua jenis tindakan strategis yaitu berbentuk penipuan sadar (manipulasi)maupun penipuan tak sadar (ideologi). Berdasarkan analisis yang dilakukan penulis, hasil penelitian yang diperoleh yaitu mengapa media televisi menggunakan tokoh agama sebagai bintang iklannya karena ideologi industri iklan, agama dalam perspektif masyarakat media, agama dalam startegi media iklan. Dan materi agama ditampilkan dalam kondisi untuk komodifikasi agama, pragmatisme agama, dan desakralisasi otoritas agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Iklan, Agama, Ideologi.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 25 Jun 2020 07:42
Last Modified: 25 Jun 2020 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item