PELAKSANAAN PENDIDIKAN BAGI ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PENYELENGGARA HOMESCHOOLING (STUDI PADA KOMUNITAS RUMAH BINTANG PURWOKERTO) Latifah Sundari 1522406056

Latifah Sundar, 1522406056 (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN BAGI ANAK USIA DINI PADA KELUARGA PENYELENGGARA HOMESCHOOLING (STUDI PADA KOMUNITAS RUMAH BINTANG PURWOKERTO) Latifah Sundari 1522406056. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Latifah Sundari_Pelaksanaan pendidikan bagi Anak Usia dini pada keluarga Homeschooling.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan anak sejatinya adalah tanggung jawab orang tua. Dengan mendidik anak, orang tua melaksanakan fitrahnya. Bukan hal yang asing lagi dalam dunia pendidikan, homeschooling perlu dikembangkan secara terus menerus agar orang tua dan masyarakat dapat menerima dan memahami pendidikan dengan model homeschooling. Penelitian dengan judul “Pelaksanaan Pendidikan bagi Anak Usia Dini pada Keluarga Penyelenggara Homeschooling (Studi pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto)”, memiliki rumusan masalah bagaimana pelaksanaan pendidikan homeschooling yang ada pada Komunitas Rumah Bintang, dan apa motivasi keluarga Komunitas Rumah Bintang memilih pendidikan berbasis homeschooling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini dan menjelaskan motivasi keluarga yang menjalankan pendidikan bagi anak usia dini dengan berbasis homeschooling pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah orang tua dan guru pendamping atau pelatih. Sedangkan objeknya adalah pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini dengan berbasis homeschooling pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan model Miles & Huberman, yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan bagi anak usia dini pada keluarga penyelenggara homeschooling pada Komunitas Rumah Bintang Purwokerto menggunakan metode dan pendekatan belajar Charlotte Mason dan Motessori yang selalu disesuaikan dengan bakat dan minat anak. Dalam pembelajarannya, Komunitas Rumah Bintang menggunakan panduan kurikulum yang dipilih sendiri yaitu Fitrah Based Education atau FBE. Dan dalam proses penilaian pengembangan anak, Komunitas Rumah Bintang menggunakan evaluasi berupa portofolio anak dan buku kegiatan anak. Kekhawatiran orang tua terhadap maraknya kasus bullying pada masa kini menyebabkan orang tua mengambil jalur pendidikan homeschooling,selain itu juga orang tua ingin mengembalikan fitrah anak dan orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pendidikan, Homeschooling
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:34
Last Modified: 24 Jun 2020 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7305

Actions (login required)

View Item View Item