IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYEIKH WAN AHMAD BIN WAN MUHAMMAD ZAIN AL-FATHANI DI PATANI

MUHAMMAD HUSNI YUSOH, 1617402227 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYEIKH WAN AHMAD BIN WAN MUHAMMAD ZAIN AL-FATHANI DI PATANI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD HUSNI YUSOH_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) perkembangan Islam di Patani, 2) pemikiran pendidikan Islam perspektif Syeikh Wan Ahmad Bin Wan Muhammad Zain Al-Fathani di Patani; dan 3) nilai pendidikan Islam dalam perspektif Syeikh Ahmad Al-Fathani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kepustakaan, penelitian yang dilakukan dengan mengkaji berbagai data yang terkait dengan objek yang diteliti, baik yang berasal dari sumber data utama maupun sumber data pendukung. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber skunder. Sumber primer adalah sumber data yang diperoleh dari objek penelitian yang berkaitan dengan penelitian yaitu karya-karya Syeikh Ahmad Al-Fathani. Kemudian sumber sekunder yaitu sumber data yang dimaksud berupa karya-karya penelitian baik skripsi, tesis, disertasi, jurnal, buku yang teliti tentang Syeikh Ahmad Al-Fathani, dan lain-lain yang menuangkan pemikirannya dalam batas relavansinya dengan persoalan yang diteliti. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) perkembangan Islam di Patani bermula sejak Islam datang dan penetapan di Patani pada abad ke-15, pendidikan dasar bermula di kalangan masyarakat Islam dengan mempelajari Al-Qur’an berbentuk di masjid, surau/mushola dan di rumah; 2) pendidikan Islam dalam perspektif Syeikh Ahmad Al-Fathani, pemikiran Syeikh Ahmad Al-Fathani merupakan tokoh tauladan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, di antaranya: a) pemikiran politik; b) pemikiran sains dan teknologi, c) pemikiran filsafat, d) pemikiran waktu, e) pemikiran ilmu hisab/falahiyah, f) pemikiran kedoktoran/berubatan, g) pemikiran sejarah, dan h) media cetak, Syeikh Ahmad Al-Fathani orang Melayu pertama dalam mentashih buku-buku, dan pemikiran dalam media cetak; 3) nilai pendidikan Islam dalam perspektif Syeikh Ahmad Al-Fathani juga ditemukan nilai akidah dan nilai akhlak yang mencakup nilai keteladanan, nilai pembiasaan, dan nilai nasihat. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Islam, Nilai Pendidikan Islam, Syeikh Ahmad Al-Fathani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Islam, Nilai Pendidikan Islam, Syeikh Ahmad Al-Fathani
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:18
Last Modified: 24 Jun 2020 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7303

Actions (login required)

View Item View Item