EFEKTIVITAS PKL DI MAN 2 BANYUMAS UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN SISWA (STUDI KASUS PADA BIDANG TATA BUSANA DAN TEKNIK DESAIN FURNITURE)

Nur Fatimah NIM. 1522401076, 1522401076 (2020) EFEKTIVITAS PKL DI MAN 2 BANYUMAS UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN SISWA (STUDI KASUS PADA BIDANG TATA BUSANA DAN TEKNIK DESAIN FURNITURE). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR FATIMAH_EFEKTIVITAS PKL DI MAN 2 BANYUMAS UNTUK MENINGKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PKL (Praktik Kerja Lapangan) merupakan salah satu program kegiatan sekolah kejuruan yang bertujuan untuk mengenalkan siswa pada pemahaman dunia kerja serta meningkatkan ketrampilan, dan profesionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tata kelola manajemen dan mengukur efektivitas pelaksanaan PKL di MAN 2 Banyumas pada bidang TB dan TDF dan membandingkannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti mengambil masing-masing 20 siswa dari jurusan TDF dan TB sebanyak 31 siswa sebagai sampel responden penelitian. Untuk keperluan pengambilan data, peneliti menyebar angket, melakukan observasi, melakukan wawancara, dan mengumpulkan dokumen yang terkait dengan cara penelitian. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengukur efektivitas PKL terhadap keahlian siswa pada bidang TB dan TDF. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tata kelola PKL yang dilakukan di MAN 2 Banyumas telah sesuai dengan PKL di tingkat sekolah kejuruan. Kegiatan PKL dilaksanakan di suatu perusahaan atau tempat PKL dan berjalan selama 3 minggu. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa program PKL mampu berpengaruh signifikan terhadap keahlian siswa bidang Tata Busana dengan besar koefisien determinasi sebesar 85,80%, dikatakan signifikan karena pada bidang tata busana memiliki beberapa faktor diantaranya yaitu sarana dan prasarana sudah memadai, kebanyakan siswanya bisa menangkap apa yang sudah diajarkan oleh gurunya, dan SDM guru pembimbing tata busanapun sudah memadai terdapat 3 guru pembimbing tata busana. Sementara itu, untuk program TDF, program TDF belum mampu meningkatkan keahlian siswa secara signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh hanya sebesar 36,40%. Dikatakan belum signifikan dikarenakan adanya beberapa faktor, yaitu diantaranya sarana dan prasarana kurang memadai tidak sebanding dengan adanya siswa, dari segi siswanya belum bisa memahami apa yang sudah diajarkan oleh gurunya, dan SDM guru pembimbing teknik desain furniture belum memadai hanya terdapat satu guru pembimbing didalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas PKL, Keahlian Siswa Bidang Tata Busana dan Teknik Desain Furniture, Tata Kelola PKL, dan Pelaksanaan PKL.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:41
Last Modified: 23 Jun 2020 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/7294

Actions (login required)

View Item View Item